Ekbis  

Bisnis RANS Berkembang Luar Biasa

JagatBisnis.com –   Raffi Ahmad. Siapa tidak kenal sosok ini? Wajahnya muncul hampir di semua stasiun TV. Kini, selain artis papan atas, dia juga seorang businessman yang tengah membangun kerajaan bisnisnya melalui PT RANS Entertainment Indonesia.

“Kami memulai bisnis dari sebuah garasi kecil yang kemudian berkembang begitu cepat seperti sekarang,” ujar Abrar Rafles Dahlan, Head of Production & Digital Entertainment.

Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina membangun RANS pada 2018. Awalnya, konten yang disajikan hanya mengangkat seputar aktivitas keseharian mereka. Saluran distribusi konten pun masih melalui Instagram dan YouTube.

Namun dalam waktu tiga tahun, RANS telah berkembang menjadi sebuah kerajaan dengan gurita bisnis yang luar biasa. Akun Youtube-nya menjadi 5 besar terbanyak di Indonesia: hampir menyentuh 22 juta. “Saat ini jumlah followers dan subscribers di semua platform digital kami sudah mencapai 108 juta,” ujar Abrar.

Portofolio usahanya tertentang dan begitu beragam: mulai dari entertainment, label musik, hingga animasi. Bahkan mengakuisisi klub sepakbola Indonesia, Cilegon FC yang kemudian bersalin nama menjadi RANS FC. Integrasi seluruh lini bisnis menjadi kekuatan utama RANS dalam membangun gurita bisnis. “Salah satu kunci sukses kami asalah membenang merahkan semua lini bisnis kita ke dalam satu payung yaitu media digital kami,” Kata Abrar.

Bila diringkas, sedikitnya adalah 10 bisnis yang dikepakkan Raffi, yakni RANS Entertaiment, RANS music, PowerRANSgers, RANS Animation Studio, RANS Esport, Toko Mama Gigi by Nagita Slavina, RANS Cilegon Football Club, Mylk, dan RANS PIK Basketball. “Terakhir kami akan meluncurkan RANS Zoo di PIK,” kata Abrar.

Dengan rentang bisnis seperti ini, tak heran jika organisasinya juga berkembang pesat. Jumlah karyawan yang tadinya hanya 3 orang, mekar 100 kali lipat menjadi 300 orang. Tidak hanya di Jakarta, karyawannya juga tersebar di beberapa kota di Tanah Air, terutama animator. Raffi merekrut banyak lokal seperti di Semarang.

 

Faktor kunci lain lain menurut Raffi adalah membangun profesionalisme melalui penciptaan sistem organisasi dan budaya kreatif di kalangan karyawan. Jika ditanya apa rahasia di balik kreativitas RANS sehingga lincah bergerak, Raffi dengan mantap menjawab Sumber Daya Manusia (SDM) dan kultur kreatif.

 

Karena itu, dia berupaya membangun sistem yang tidak bertumpu pada kreativitas seseorang atau segelintir orang. “Saya tidak percaya ada yang namanya superman. Yang ada superteam,” katanya. Meski banyak datang dari dirinya, tapi ide-ide kreatif bisa muncul dari semua lini dan dieksekusi secara bersama.

RANS Entertainment adalah salah satu Cool+Agile Brands yang diundang hadir dalam ajang Indonesia Brand Forum (IBF) 2021 yang berlangsung pada 2-4 November 2021. Dalam ajang ini, sejumlah brand lokal berbagi (sharing) seputar kinerja berikut kiat dan strategi bisnisnya masing-masing. Selain konferensi, pada IBF 2021 ini juga diluncurkan buku berjudul The Rise of Cool+Agile Brands. Dalam buku ini dikupas sekitar 30 brands yang mampu keluar dari jerat triple disruption. Merek-merek yang sukses melewati triple disruption ini disebut Cool+Agile Brands lantaran menawarkan model bisnis baru yang inovatif.(boy)

MIXADVERT JASAPRO