RPTRA di Jakarta Belum Bebas Timbal

JagatBisnis.com –  Banyak tempat bermain anak di Jakarta yang biasa disebut Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) ternyata punya sisi negatif. Sebab ada puluhan RPTRA di Jakartq yang tidak ramah anak dan belum bebas zat logam timbal. Zat tersebut banyak ditemukan di dalam ragam permainan warna-warni.

Perwakilan Yayasan Nexus 3 Yuyun Ismawati mengatakan, di Jakarta ada sebanyak 32 RPTRA yang belum bebas timbal. Zat tersebut banyak ditemukan di dalam ragam permainan warna-warni anak yang dilapisi cat belum bebas timbal. Apabila, zat ini akan membawa banyak penyakit bila dibiarkan terhirup dan masuk dalam tubuh.

“Kami telah mengetahui hal itu berdasarkan screening pada 2019. Setelah itu, kami membuat aduan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengenai taman anak dengan kandungan timbal. Namun, Pemprov justru terkesan lepas tangan,” kata Yuyun secara virtual, Minggu (24/10/2021).

Dia menjelaskan, RPTRA merupakan fasilitas yang dibangun pemerintah Jakarta dalam beberapa tahun terakhir. RPTRA merupakan ruang terbuka hijau dan area bermain. Untuk itu, demi keselamatan anak-anak pihaknya akan
mengecat ulang secara bertahap RPTRA yang diindikasi belum bebas timbal, mulai pekan depan.

“Untuk tahap awal, ada lima titik yang hendak dibenahi. Di antaranya dua di Jakarta Pusat, satu di Jakarta Timur, satu di Jakarta Barat, dan satu lagi di Jakarya Utara. Pengecatan ini dengan bantuan beberapa perusahaan swasta,” kata dia.

Menurutnya, timbal bukan sesuatu yang bisa diremehkan. Semua pihak, terutama pemerintah harus ikut menekan penggunaannya barang yang mengandung timbal agar lingkungan tetap aman buat generasi masa depan.
(*/esa)

MIXADVERT JASAPRO