Ekbis  

Kunjungan Bea Cukai Pantau Perusahaan Elektronik, Perikanan dan Produk Kelapa Sawit

JagatBisnis.com – Menjalankan fungsinya sebagai industrial assistance, Bea Cukai secara kontinu melakukan kegiatan Customs Visit Customer (CVC) ke berbagai perusahaan. Pada periode akhir Bulan Agustus ini, kegiatan CVC dilakukan oleh Bea Cukai Batam, Bea Cukai Merauke dan Bea Cukai Jambi.

“Tidak sekadar kunjungan, tapi melalui CVC kami melakukan diskusi terkait permasalahan yang dialami perusahaan dalam proses bisnisnya serta melakukan pendampingan,” ungkap Tubagus Firman, Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai.

Pada Kamis (26/08), Bea Cukai Batam melakukan kegiatan CVC ke PT Sat Nusapersada, perusahaan yang bergerak di ruang lingkup usaha industri perakitan elektronik. Bea Cukai Batam berkesempatan untuk berkeliling melihat proses kerja mulai dari merakit papan sirkuit cetak, bagian mekanik hingga perakitan komponen elektronik.

Baca Juga :   Bea Cukai dan Kepolisian Gagalkan Penyelundupan Narkoba Menyerupai Permen Aneka Warna

Selanjutnya pada Minggu (29/08), Kanwil Bea Cukai Khusus Papua dan Bea Cukai Merauke mengunjungi kargo Bandara Mopah, Merauke. Kunjungan tersebut terkait dengan peninjauan giat ekspor kepiting bakau oleh UD Merauke Crab melalui Bandara Mopah Merauke. UD Merauke Crab merupakan perusahaan yang rutin setiap minggu melakukan ekspor kepiting bakau ke Singapura dan Hongkong

Baca Juga :   Bea Cukai Jayapura Hadiri Pemusnahan Narkotika yang Dilakukan BNN Provinsi Papua

“Dalam kunjungan ini, Bea Cukai meninjau mengenai kualitas layanan ekspor dan mendengarkan hambatan-hambatan yang dialami selama ekspor berlangsung. Dengan pelayanan yang baik diharapkan semakin banyak produk perikanan yang diekspor, sehingga harapan Merauke menjadi lumbung ekspor produk perikanan di Papua Selatan dapat segera terwujud,” ucap Firman.

Tidak ketinggalan, Bea Cukai Jambi mengadakan kegiatan CVC dengan mengunjungi 2 perusahaan komoditi cangkang sawit yaitu PT. Berkah Energi Abadi dan PT. Jatim Propertindo Jaya pada 30 s.d. 31 Agustus 2021.

Baca Juga :   Dorong Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Dukung Pembangunan KIHT

Dalam kegiatan tersebut, Bea Cukai Jambi melakukan diskusi terkait kendala yang dialami dan melakukan pendampingan terhadap kedua perusahaan tersebut. Selain itu, Tim Kepatuhan Internal Bea Cukai Jambi turut hadir guna memberikan informasi saluran pengaduan dan penyuluhan terkait komitmen pihaknya dalam pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK).

“Bea Cukai berkomitmen untuk melakukan kolaborasi dan sinergi baik kepada stakeholder maupun pengguna jasa. Kami siap menjaga komitmen kami, melayani dengan baik kebutuhan pengguna jasa,” pungkas Firman.(srv)

MIXADVERT JASAPRO