Ekbis  

Dorong Ekspor Produk Dalam Negeri, Bea Cukai Cari Potensi Lewat Program CVC

JagatBisnis.com –  Upaya memajukan perekonomian lewat dorongan ekspor kepada para pelaku usaha terus dilakukan Bea Cukai. Dalam menjalankan upaya tersebut, Bea Cukai aktif mengadakan diskusi dan mengunjungi para pelaku usaha untuk mencermati proses bisnis dan menelaah peluang bagi hasil produksi mereka untuk dapat diekspor.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro menyatakan bahwa kegiatan customs visit customer merupakan upaya rutin Bea Cukai dalam mendekatkan diri kepada para pelaku usaha. “Lewat CVC, Bea Cukai berupaya untuk mengenalkan tugas dan fungsi kami, memberikan informasi terkait kepabeanan dan cukai, dan tidak ketinggalan melakukan diskusi dengan para pelaku usaha,”

Kegiatan CVC kali ini dilakukan oleh Bea Cukai Jogjakarta yang mengunjungi CV Nusa Citra Mandiri. Perusahaan yang berada di Sleman dan Bantul ini memproduksi sarung tangan golf yang sudah diekspor ke Korea dan Jepang.

Baca Juga :   Gelar Sosialisasi, Bea Cukai Siap Dukung Produk Lokal Menuju Pasar Global

Perusahaan yang menyerap tenaga kerja sebanyak 230 orang pegawai ini rutin melakukan ekspor. Tercatat nilai devisa ekspor yang dihasilkan selama periode Januari-April 2021 mencapai 417.130 USD atau sekitar Rp6 miliar.

Baca Juga :   Lagi, Bea Cukai Musnahkan Ratusan Ribu BKC Ilegal di Cilacap

Di wilayah Jawa Barat, Bea Cukai Bogor mengunjungi perusahaan penerima fasilitas cukai, PT Karsavicta Satya. Perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa pelayanan yang diterima dari Bea Cukai Bogor sudah sangat memuaskan dan tidak memiliki masalah maupun kendala.

Di wilayah timur Indonesia, Bea Cukai Ambon melakukan kegiatan CVC ke CV Karya Timber. Perusahaan yang bergerak di bidang produksi kayu balsa tersebut, saat ini masih mengirimkan produksinya ke PT Changzou Jiesen Indonesia sebelum dapat diekspor ke luar negeri. Harapannya CV Karya Timber dapat langsung melakukan ekspor.

Baca Juga :   Optimalkan Manfaat DBHCHT, Bea Cukai Gandeng Pemerintah Daerah

Menanggapi hal tersebut Bea Cukai Ambon akan berkoordinasi dengan instansi pemerintah lainnya di wilayah Ambon terkait pengurusan dokumen yang dibutuhkan. Diharapkan adanya asistensi dengan pelaku usaha ini dapat meningkatkan angka ekspor langsung dari Maluku.(srv)

MIXADVERT JASAPRO