Ekbis  

Direktur Jenderal Bea Cukai Tinjau Proses Bisnis di Bandara Soekarno-Hatta

JagatBisnis.com – Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani bersama jajaran pejabat eselon I Kementerian Keuangan, secara perdana mengunjungi Bea Cukai Soekarno-Hatta pada Rabu (31/03) untuk memberikan pengarahan demi mengoptimalkan kinerja di bidang pelayanan maupun pengawasan, serta membahas isu-isu strategis untuk tahun 2021 pada akhir triwulan pertama.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan menjelaskan bahwa pentingnya sinergi internal maupun eksternal untuk meningkatkan kinerja dalam menghadapi tantangan yang semakin tinggi, utamanya untuk mencapai target penerimaan di tengah program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Dari paparan yang disampaikan Finari, terdapat beberapa titik fokus salah satunya adalah menjadikan Bea Cukai Soekarno-Hatta menjadi kantor dengan layanan 24/7. Dalam hal ini, Bea Cukai Soekarno-Hatta terus berupaya untuk membenahi sistem layanannya agar mampu memberikan yang terbaik kepada pengguna jasa.

Baca Juga :   Berkat Peran Aktif Bea Cukai Dorong Ekspor, Makin Banyak Produk Dalam Negeri Rambah Pasar Internasional

“Intensitas barang kiriman yang melewati Soekarno-Hatta sangat banyak, maka dari itu petugas pemeriksa fisik maupun peneliti dokumen harus cermat, teliti, serta cepat sehingga barang tersebut bisa dengan segera sampai ke pemilik barang,” ucap Finari saat berada di salah satu gudang perusahaan jasa titipan (PJT).

Baca Juga :   Ajak Masyarakat Pahami Ketentuan Cukai, Bea Cukai Lakukan Sosialisasi di Berbagai Daerah

Menurut Finari, momentum kunjungan Dirjen yang baru kali ini, tentunya menjadi pemicu Bea Cukai Soekarno-Hatta untuk terus meningkatkan pelayanan dan perbaikan untuk menuju Bea Cukai makin baik.

Selain itu, Askolani juga mengapresiasi Bea Cukai Soekarno-Hatta atas prestasinya dalam melaksanakan pengelolaan anggaran keuangan negara dengan sangat baik. Terbukti dengan penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Bea Cukai Soekarno-Hatta yang mencapai angka 100.

“Peningkatan demi peningkatan harus kita lakukan bersama demi mencapai target, sebab institusi kita memegang peran penting dalam ekonomi negara yang mana hal ini sedang kita kuatkan,” ujar Askolani.

Baca Juga :   Bea Cukai Batam Pastikan Kesiapan Pelaksanaan Aturan Baru di Kawasan Bebas Efektif 1 Juni

Rombongan Dirjen dan eselon I Kemenkeu juga mengunjungi berbagai titik pelayanan dan pengawasan, seperti gudang pemeriksaan fisik barang impor, gudang tempat penimbunan pabean, serta gudang pemeriksaan barang kiriman. Dalam kunjungan tersebut, diperlihatkan pula proses pemeriksaan fisik barang impor, pemeriksaan X-ray, serta penelitian dokumen barang kiriman oleh petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta.

Adapun jajaran pejabat eselon I yang ikut pada kunjungan tersebut, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Kepala Lembaga National Single Window (LNSW),  dan Staf Ahli Menteri Bidang Penerimaan Negara.(srv)

MIXADVERT JASAPRO