Ekbis  

Unilever Siap Kelola Sampah di Bantargebang jadi Sumber Energi Terbarukan

JagatBisnis.Com – PT Unilever Indonesia berkomitmen untuk menanggulangi masalah sampah plastik untuk menjadi sumber energi terbarukan. Hal dibuktikan dalam kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan PT Solusi Bangun Indonesia.

Dalam kolaborasi ini Unilever Indonesia turut mendukung kegiatan penambangan sampah atau landfill mining pada zona tidak aktif TPST Bantargebang yang akan mencapai kapasitas maksimumnya dalam beberapa tahun mendatang.

Melalui kegiatan landfill mining, sampah khususnya sampah plastik akan diproses menjadi material yang dapat digunakan kembali sebagai bahan bakar alternatif atau Refuse Derived Fuel (RDF) sebagai pengganti batu bara di industri semen.

Rizki Raksanugraha, Director of Supply Chain PT Unilever Indonesia mengatakan, permasalahan sampah terutama sampah plastik merupakan isu pelik yang membutuhkan perhatian dan kerja sama lintas sektor, termasuk kami sebagai pihak swasta. Unilever percaya bahwa sampah plastik memiliki tempatnya di dalam ekonomi, tetapi tidak di lingkungan.

“Kami juga percaya bahwa sampah plastik jika dikelola dengan baik akan bisa menjadi sumber daya yang berguna. Upaya kolaborasi ini menjadi sangat penting untuk tidak hanya menciptakan lingkungan yang bersih, namun juga memberikan manfaat secara ekonomi,” katanya melalui keterangannya, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga :   Unilever Ajak QYOS Hadirkan Reffil Station

Secara global, Unilever berkomitmen untuk paling lambat pada tahun 2025 akan mengurangi setengah dari penggunaan virgin plastic atau plastik baru dengan cara mengurangi penggunaan kemasan plastik secara absolut sebanyak 100.000 ton dan mempercepat penggunaan plastik daur ulang. Selain itu, Unilever juga terus membantu mengumpulkan (collect) dan memproses (process) lebih banyak kemasan plastik daripada yang dijualnya.

“Kolaborasi kami bersama DLH DKI Jakarta dan PT SBI merupakan perwujudan dari komitmen collect and process ini. Di tengah fakta bahwa jumlah timbulan sampah plastik nasional pada 2020 telah mencapai sekitar 10 juta ton per tahun. Kami ingin mendukung terciptanya tempat pengelolaan sampah berteknologi ramah lingkungan agar timbulan sampah dapat diproses dengan baik dan akhirnya memiliki daya guna yang berkelanjutan,” lanjut Rizki.

Pilot project untuk penambangan sampah untuk menjadi RDF di TPST Bantargebang telah dimulai sejak tahun lalu. Sumber sampah yang digunakan berasal dari Zona IV yang berusia lebih dari 10 tahun. Proses untuk mengubah sampah ini menjadi bahan bakar meliputi penggalian dan pengayakan pada fasilitas TPST Bantargebang, lalu dikirim ke lokasi pabrik PT SBI untuk dicacah (crushing) dan dikeringkan (drying) guna menghasilkan RDF yang berkualitas. Project ini diperkirakan akan menghasilkan RDF sekitar 1.000 ton/bulan – dimana 80-90%nya terdiri dari sampah plastik.

Baca Juga :   Kampanye #AyoMinumBuah, Edukasi Masyarakat Pentingnya Asupan Buah untuk Daya Tahan Tubuh

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Unilever Indonesia sebagai pihak produsen pertama yang terlibat dalam kolaborasi ini. Dengan misi sejalan untuk melestarikan lingkungan melalui pengelolaan sampah yang optimal dan terintegrasi, Unilever Indonesia akan terlibat dalam mendukung operasional proses crushing dan drying di fasilitas kami untuk turut memastikan bahwa kapasitas dan kualitasnya dapat terus ditingkatkan,” kata Lilik Unggul Raharjo  Direktur PT Solusi Bangun Indonesia.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Andono Warih memandang, bahwa penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini memperlihatkan keseriusan pihak produsen yang telah mengambil langkah proaktif dan upaya konkret untuk mendukung pengelolaan sampah.

“Dalam menangani permasalahan sampah, kolaborasi dan pembagian peran menjadi sangat penting. Pihak produsen memiliki peran yang besar untuk ikut mengatasi persoalan sampah plastik bersama pemerintah dan masyarakat, layaknya Unilever Indonesia dan PT SBI sebagai mitra kami dalam project ini. Semoga kerja sama ini mampu menstimulasi kolaborasi serupa di masa mendatang,” ucapnmya.

Baca Juga :   BKGN 2021 Bangun Urgensi Pentingnya Terbebas dari Gigi Berlubang

Untuk turut mewujudkan dunia yang bersih dari sampah plastik, Unilever Indonesia telah menerapkan berbagai strategi mulai dari hulu ke hilir rantai bisnisnya. Dari hulu, Perusahaan mengembangkan dan menerapkan desain produk dengan pendekatan mengurangi plastik (less plastic), plastik yang lebih baik (better plastic) dan tanpa plastik (no plastic). Dilanjutkan dengan edukasi berkelanjutan untuk membangun kesadaran dan mendorong perubahan perilaku masyarakat secara menyeluruh. Tak kalah penting, upaya mengatasi masalah sampah kemasan plastik di bagian hilir pengolahan sampah juga dilakukan bekerja sama dengan berbagai forum pemangku kepentingan.

“Kami percaya semua pihak dalam rantai persampahan memiliki peran masing-masing untuk membantu mengatasi permasalahan sampah. Melalui semangat #MariBerbagiPeran yang diusung oleh Perusahaan, kami akan terus mengali peluang dan potensi kerja sama dengan berbagai pihak untuk bersama menuju Indonesia yang lebih bersih dan lestari,” tutup Rizki.(hab)

MIXADVERT JASAPRO