Kampanye #AyoMinumBuah, Edukasi Masyarakat Pentingnya Asupan Buah untuk Daya Tahan Tubuh

JagatBisnis.com –  Asupan buah yang ideal setiap hari sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tak rentan terserang penyakit. Apalagi, setiap orang memiliki sistem daya tahan tubuh yang berbeda. Semua itu dipengaruhi oleh faktor genetik, usia, lingkungan atau kebersihan, hingga lifestyle, terkait asupan makanan. Untuk itu, memastikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang sangat diperlukan makan buah.

“Karena ragam kandungan vitamin, mineral, serat pangan dan antioksidan di dalam buah dan jus buah mampu menjadi bahan baku yang membantu kita membangun dan mengoptimalkan sistem daya tahan tubuh,” kata dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia dr. Diana Felicia Suganda, dalam acara Press Conference “Buavita Ajak Indonesia Lengkapi Kebutuhan Buah Harian Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Melalui Kampanye #AyoMinumBuah”, di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Sementara itu, Head of Marketing Nutrition PT Unilever Indonesia Ari Astuti menambahkan, sayangnya, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018, sebanyak 95,5 persen orang Indonesia masih kurang mengonsumsi buah dan sayur dengan porsi yang cukup. Padahal, kurangnya konsumsi buah dan sayur tentu meningkatkan risiko berbagai macam penyakit karena asupan nutrisi seimbang tidak tercapai dengan baik. Melihat hal tersebut, Buavita berupaya mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya asupan buah yang ideal melalui kampanye #AyoMinumBuah,

Baca Juga :   Maknai Hari Lahir Pancasila, Unilever Indonesia Ajak Generasi Muda Wujudkan Toleransi

“Kampanye tersebut terinspirasi dari hasil studi yang dilakukannya bersama Institut Pertanian Bogor terhadap seratus ibu Indonesia. Studi tersebut menunjukkan, para ibu mengalami perubahan signifikan setelah mendapatkan edukasi secara interaktif dan menjalani tantangan selama 21 hari. Perubahan tersebut antara lain pengeluaran rumah tangga meningkat sebesar 40 persen untuk membeli buah per minggu,” terangnya.

Baca Juga :   Unilever Dukung Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Kemudian, lanjut dia, 90 persen responden yang tadinya mengonsumsi satu buah per hari telah meningkatkan konsumsi buah hariannya dan 97,8 persen responden terdorong untuk mewajibkan anak mengonsumsi buah. Pihaknya berharap kampanye #AyoMinumBuah dapat mendukung lebih banyak masyarakat Indonesia untuk memiliki tubuh lebih sehat dan terlindungi dari penyakit, sehingga mereka mampu menikmati hidup yang lebih berkualitas hingga nanti.

Baca Juga :   Hari Peduli Sampah Nasional 2021: Unilever dan PPIM luncurkan program pemberdayaan untuk 3.000 pemulung Indonesia

“Kampanye ini telah dimulai di bulan Juli sebagai bentuk peringatan momen Hari Buah Sedunia yang jatuh pada 1 Juli. Melalui berbagai kegiatan menarik yang telah menjangkau lebih dari 24.000 masyarakat, Buavita sukses menjadikan bulan Juli sebagai Bulan Buah. Salah satunya, dengan menghadirkan instalasi “Giant Fruit Buavita” di area Gelora Bung Karno selama 15-17 Juli 2022. Sebanyak 9.992 orang telah mendapatkan berbagai bentuk edukasi mengenai buah,” pungkasnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO