Ini Khasiat dari Daun Binahong

Daun Binahong Foto: Kompasiana.com

JagatBisnis.com – Tumbuhan binahong ialah tumbuhan obat yang bisa berkembang produktif di lapangan kecil ataupun lapangan besar dan memiliki banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai berbagai penyakit enteng ataupun berat. Keberadaan daun binahong memang tidak setenar daun yang lain semacam daun sirsak ataupun daun sirih.

Tetapi sebenarnya daun binahong memiliki khasiat yang amat banyak, sudah lama terdapat di Indonesia tetapi terkini belum lama ini jadi pengganti untuk beberapa orang untuk dijadikan sebagai obat natural untuk menyembuhkan ataupun mengurangi sebagian penyakit enteng ataupun berat paling utama untuk menyembuhkan cedera.

Mungkin belukar yang berawal dari negeri Korea itu disantap oleh warga Vietnam pada era perang melawan Amerika Sindikat pada tahun 1950- an sampai 1970- an. Tumbuhan ini pula amat terkenal di Cina dengan julukan Dheng San Chi dan telah disantap oleh warga Cina, Korea, Taiwan, ribuan tahun yang lalu.

Baca Juga :   Jangan Cuma Minum Teh Manis saat Sahur, Lengkapi dengan Susu, Buah, Sayur dan Protein

Dikutip dari steemit.com, bagian daun tanaman ini biasanya digunakan sebagai obat alami selain batang dan umbinya. Tanaman binahong mempunyai ciri-ciri batang lunak dengan bentuk silindris dengan warna merah, daun dengan tangkai yang sangat pendek dan termasuk daun tunggal dengan ujung runcing dan alas pangkal. Tanaman binahong juga mengandung antioksidan, flavonoid, alkoloid, saponin dan senyawa lainnya.

Baca Juga :   Ingin Hidup Sehat dan Cegah Kolesterol Coba Terapkan 3P Ini

Berikut ini manfaat daun binahong untuk kesehatan.

Baca Juga :   19,47 Juta Orang Indonesia Berjuang Lawan Diabetes

-Merawat luka
-Mencegah kanker
-Menangka radikal bebas
– Mengobati sariawan
-Membantu pencernaan
-Menghentikan pendarahan
-Memulihkan stamina
-Mencegah stroke
-Mencegah asam urat

Anda dapat memanfaatkan daun, batang, akar dan rimpang tanaman binahong untuk mengatasi berbagai keluhan. Anda bisa menggunakan rebusan tanaman binahong minimal 2-3 kali sehari.  (ser)