Bea Cukai Batam Dorong Pembentukan Kawasan Pabean Laut Pertama di Indonesia

jagatBisnis.com – Bea Cukai Batam melaksanakan rapat koordinasi bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam dengan mengundang perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran, Rabu (20/10).

Kegiatan ini membahas terkait kawasan pabean yang akan dijadikan sebagai tempat kegiatan ship to ship (STS) dan floating storageunit (FSU) oleh perusahan terkait.

“Tentunya Bea Cukai siap fasilitasi perusahaan yang mengajukan kawasan pabean untuk melaksanakan kegiatan STS dan FSU, namun perusahaan terkait juga harus memastikan bahwa mereka sudah memenuhi ketentuan dari instansi terkait lainnya seperti BP Batam dan KSOP,” ujar Susila Brata, Kepala Kantor Bea Cukai Batam.

Baca Juga :   Majukan Perekonomian Daerah, Bea Cukai Asistensi Calon Eksportir

Susila juga menyampaikan bahwa dukungan pelaku usaha melalui pemenuhan syarat dan ketentuan akan mencegah dampak-dampak yang tidak diharapkan ke depannya. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa Bea Cukai membutuhkan bantuan semua pihak agar fasilitas yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :   Bea Cukai Ringkus Kakak Beradik Penerima Narkoba Asal Malaysia

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Nelson Idris menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan survei ke perusahaan terkait apabila mereka mengajukan untuk melaksanakan kegiatan. “Baik dari segi keselamatan maupun keamanan, apabila memang sudah memenuhi ketentuan, maka kami bisa memberikan rekomendasi ke Bea Cukai untuk difasilitasi,” ujar Nelson.

Baca Juga :   Dengan Sinergi, Bea Cukai Maksimalkan Potensi Ekspor Produk UMKM

Dalam rapat kali ini, pihak Bea Cukai Batam juga berterima kasih atas sinergi terkait koordinasi yang selama ini berjalan dengan baik antara BP Batam, KSOP Khusus Batam dan pelaku usaha yang sudah memenuhi ketentuan.

“Bea Cukai Batam akan terus menjaga koordinasi bersama seluruh pihak yang terlibat dengan selalu mempertimbangkan kepentingan Bersama,” pungkas Susila. (srv)

MIXADVERT JASAPRO