Tekno  

Nvidia Kembangkan Supercomputer Terkuat di Inggris

jagatBisnis.com – Raksasa pembuat chip asal AS, Nvidia, mengatakan bahwa mereka kini tengah mengembangkan supercomputer paling kuat di Inggris.

Supercomputer ini akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu para peneliti memecahkan tantangan medis yang mendesak, termasuk yang terkait dengan COVID-19.

GSK dan AstraZenca, yang sama-sama terlibat dalam penelitian vaksin virus corona, akan menjadi dua perusahaan farmasi pertama yang memanfaatkan tenaga mesin tersebut, demikian menurut Nvidia, seperti dilansir Reuters.

Komputer bernama Cambridge-1, yang diharapkan dapat online pada akhir tahun di Cambridge, Inggris, akan dibekali sistem NVIDIA DGX SuperPOD yang mampu memberikan lebih dari 400 petaflops kinerja AI.

Hal itu berarti komputer tersebut menempati urutan ke-29 dalam daftar 500 teratas superkomputer paling kuat di dunia, kata Nvidia.

Cambridge juga merupakan rumah bagi ARM, desainer chip asal Inggris, yang telah disetujui Nvidia untuk dibeli dari SoftBank Jepang seharga US$40 miliar.

Nvidia bermaksud membuat AI Center of Exellence di kota yang memiliki universitas tertua itu, menghadirkan superkomputer berbasis ARM yang akan berfungsi sebagai pusat kolaborasi bagi para peneliti, ilmuwan dan perusahaan rintisan di seluruh Inggris.

Supercomputer Cambridge-1 yang terpisah akan tersedia bagi para peneliti dari industri dan akademisi.

“Supercomputer Cambridge-1 akan berfungsi sebagai pusat inovasi untuk Inggris, dan selanjutnya akan menjadi tempat untuk terobosan yang dilakukan oleh para peneliti dalam kesehatan dan penemuan obat,” kata Jensen Huang, Founder dan CEO Nvidia. (ser)

MIXADVERT JASAPRO