Turki Tahan Kapal Rusia Diduga Bawa Gandum Curian dari Ukraina

JagatBisnis.com – Turki menahan kapal kargo berbendera Rusia, bernama Zhibek Zholy, pada waktu setempat, Minggu (3/7/2022). Kapal yang diduga dipakai untuk membawa gandum curian dari Ukraina, kini ditahan di Pelabuhan Karasu, Turki.

Duta Besar Ukraina untuk Turki, Vasyl Bodnar, menjelaskan, merujuk pada dokumen yang dilihat, Ukraina memang sudah lama meminta Turki menahan kapal Rusia tersebut atas dugaan pencurian gandum. Namun, kini tuduhan yang diarahkan sedang diselidiki dengan seksama.

“Kapal tersebut kini berada di pintu masuk pelabuhan, telah ditahan pihak bea cukai Turki.
Kami telah melacak rute kapal berbendera Rusia, Zhibek Zholy, dari Pelabuhan Berdyansk di Ukraina menuju Karasu di Turki. Belum jelas dari mana dan bagaimana muatan kapal diperoleh, namun Rusia telah dituduh mencuri biji-bijian dari wilayah Ukraina yang didudukinya,” kata dia, seperti dikutip, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga :   Nokia Angkat Kaki dari Rusia

Sementara itu, seorang pejabat Turki yang enggan diungkap identitasnya menegaskan, pihaknya akan berkoordinasi langsung dengan Rusia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait hal itu. Apalagi, tak tertulis gandum itu milik siapa.

Baca Juga :   Memanas, Ukraina Minta Rusia Dikeluarkan dari G20

“Pertemuan penyelidik akan memutuskan nasib kapal itu pada pekan ini. Selain itu, Ukraina juga sedang mencari biji-bijian yang akan disita. Karena Rusia telah dituduh oleh Ukraina mencuri gandum dari daerah-daerah yang telah di invasi dan didudukinya sejak akhir Februari lalu. Namun, Pemerintah Rusia sebelumnya telah membantah mencuri biji-bijian dari Ukraina,” terangnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO