Calon Jemaah Haji yang Positif COVID-19 akan Dikarantina selama 5 Hari

Calon jemaah haji menjalani pemeriksaan swab PCR

JagatBisnis.com – Empat calon jemaah haji asal Kalimantan Barat gagal berangkat, di antaranya adalah dua warga dari Kabupaten Sanggau, 1 dari Kabupaten Kubu Raya, dan 1 dari Kabupaten Kayong Utara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar, Harisson, mengatakan keempat warga tersebut gagal berangkat karena alasan mutasi, dan sakit.

“Ada tiga orang jemaah haji dari Kabupaten Sanggau yang bermutasi ke luar Kalbar, satu orang dari Kayong Utara sakit, jadi pengurangan ada empat orang,” jelas Harisson, Selasa, 14 Juni 2022.

Sebelumnya jumlah jemaah haji di Provinsi Kalbar yang akan berangkat ke tanah suci berjumlah 1.147 orang, berkurang sebanyak empat orang, dan sekarang berjumlah 1.143 orang.

Baca Juga :   Mulai 8 Maret, Karantina Jemaah Umrah Dipangkas Jadi 1 Hari

“Yang dimaksud mutasi itu pindah ke Provinsi lain, dari Kabupaten Sanggau 2 orang ke DKI Jakarta, dari Kabupaten Kubu Raya 1 orang ke Jawa timur, Surabaya. Yang sakit 1 orang dari Kayong Utara ini tidak ada ditambah lagi,” paparnya.

Calon jemaah haji ini akan menginap di Kapuas Pelace Hotel, dan Kapuas Dharma (KD). Sebelum berangkat, mereka akan dilakukan swab PCR di hotel tersebut.

Baca Juga :   Pasien Isoman Covid-19 akan Diberikan Molnupiravir

“Mereka yang masuk itu adalah dari Kabupaten Ketapang, Kayong Utara, Bengkayang mereka masuk penerbangan pesawat pertama berangkat pukul 08.00 WIB, kemudian pesawat kedua jam 11.00 WIB, itu dari Bengkayang, Ketapang, Kayong Utara, Sanggau, Landak, dan Kapuas Hulu,” ucap Harisson.

“Kemudian jam 15.00 WIB kita berangkatkan lagi dari Kapuas Hulu, Pontianak, Sintang dan Melawi. Hari berikutnya ada 3 penerbangan akan memberangkatkan jemaah haji dari Sambas,

Mempawah, Kubu Raya, Sekadau, dan Singkawang. Untuk Pontianak itu kita berangkatkan pada Jumat, 17 Juni 2022, jemaah haji asal Pontianak sebanyak 258 orang,” lanjutnya.

Baca Juga :   Didukung Temuan Ilmiah, Durasi Karantina PPLN Jadi 7 Hari

Sementara itu, untuk calon jemaah haji yang dinyatakan positif corona, mereka akan dilakukan isolasi selama 5 hari dan akan berangkat dengan bergabung pada kloter selanjutnya.

“Mereka akan kita lakukan PCR di hotel sebelum berangkat, kemudian kita swab di laboratorium Untan dan Labkesda, kalau ada yang positif mereka akan mundur 5 hari (keberangkatan), mereka disuruh istirahat dulu 5 hari di rumah masing-masing atau di tempat yang disiapkan lalu berangkat lagi di hari ke 5,” tukasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO