BRI Ajak Pelaku UMKM Terbang ke Pasar Senggol Turki

JagatBisnis.com – BRI terus berupaya agar UMKM menembus pasar internasional. Salah satunya membawa produk-produk unggulan go global di ajang Pasar Senggol Turki 2022 (Indonesian Culture Festival Market). Ini merupakan ajang perdana festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu (5/6/2022) di Halic Congress Center di Istanbul.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, berbagai program terus dilakukan oleh Kementerian BUMN, seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UMKM untuk berkembang, lebih kreatif, go digital dan go global dengan pendampingan dari BUMN. Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti di Turki ini.

“Kami memang berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru. Selain exhibition, kami juga mendorong BUMN untuk melakukan bisnis matching dengan potential buyers yang berasal dari Turki. Karena potensi market di Turki sangat besar bagi UMKM BUMN. Kami berharap kolaborasi dapat terus dilakukan sebagai upaya dalam membantu UMKM Go Global,” ujar Arya, seperti dikutip Kamis (9/6/2022).

Baca Juga :   Agen BRILink Berbasis Sharing Economy dari Masyarakat untuk Masyarakat

Sementara itu, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menambahkan, pihaknya tidak hanya melakukan pemberdayaan untuk peningkatan skala usaha semata. Namun, bagi UMKM yang memiliki produk layak akan diperkenalkan dengan pasar yang lebih luas, yaitu pasar internasional. Salah satunya melalui Pasar Senggol Turki 2022 ini.

Baca Juga :   BRI dan Taspen Berkolaborasi dalam Pembayaran Tabungan Pensiun

“Pertama memang kami memiliki program-program pemberdayaan seperti di Rumah BUMN BRI misanya. Kemudian pendampingan seperti program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadikan nasabah yang berorientasi ekspor. Sehingga pemasaran tidak hanya pasar lokal di mana dia memproduksi barangnya, tapi juga pasar yang lebih luas agar UMKM dapat Go Global,” ujarnya.

Dia memaparkan, di Pasar Senggol Turki, pihaknya memperkenalkan tiga produk UMKM binaan kepada konsumen manca negara yaitu Soloputri, Rendang Oma Keenan dan Bebek Jawara. Sebagai sponsor, pihaknya juga memfasilitasi dua pelaku UMKM untuk mengikuti bazar secara langsung di Pasar Senggol Turki 2022.

Baca Juga :   BRI Dukung Berbagai Program PEN

“Selain itu, melalui Pasar Senggol Turki 2022 kami juga berkomitmen mendukung eksistensi dan pengembangan pelaku UMKM diaspora Indonesia di luar negeri. Ajang itu pun diharapkan dapat memperkenalkan dan mempromosikan kepada masyarakat Turki produk UMKM diaspora Indonesia juga produk UMKM yang langsung diberangkatkan dari tanah air,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO