Sistem MLFF, Bayar Tol Tanpa Kartu

JagatBisnis.com –  Pemerintah akan mulai menerapkan teknologi pembayaran biaya jalan tol yang baru, yakni dengan sistem nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk menggantika e-toll. Dengan menggunakan teknologi ini pengguna jalan dapat melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-toll. Jadi nantinya bayar tol tak lagi pakai kartu. Sistem ini bakal diujicoba pada akhir 2022 dan beroperasi secara penuh pada 2023 mendatang.

Baca Juga :   Ini Dia, Skema Bayar Tol Tanpa Stop

“Mulai akhir tahun ini, kami akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit. Sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-toll,” kata Sekretaris BPJT Yongky Triono Junoasmono, Kamis (19/5/2022).

Menurut dia, saat ini pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempersiapkan sistem tersebut. Nantinya, transaksi MLFF untuk tol dilakukan lewat aplikasi di ponsel. Para pengemudi di jalan bebas hambatan hanya perlu mendaftarkan diri lewat aplikasi khusus tersebut.

Baca Juga :   Ini Dia, Skema Bayar Tol Tanpa Stop

“Sistemnya nanti akan menggunakan aplikasi di HP untuk pembayaran tarif tolnya. Jadi tidak perlu tambahan alat. Karena kami bakal menyiapkan alat monitor untuk mendeteksi kendaraan yang hendak masuk jalan tol. Alat tersebut mampu mendeteksi mobil yang telah melakukan pembayaran secara daring atau online,” terangnya.

Dia menjelaskan, dengan diimplementasikannya sistem ini pembayaran tol tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa. Sehingga tidak ada lagi antrian pada gerbang tol dan mempersingkat waktu tempuh dan efisien. Intinya bayar tol tanpa kartu bisa lebih cepat. Nanti yang tidak membayar akan terdeteksi dan akan dikirimkan surat denda.

Baca Juga :   Ini Dia, Skema Bayar Tol Tanpa Stop

“Jika tidak dibayar juga denda tersebut, dengan batas waktu tertentu, maka nanti STNKnya akan tertahan tidak bisa diperpanjang,” tegas Yongky. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO