Polda Metro dan Kodam Jaya Akan Patroli Awasi Rumah Kosong Ditinggal Mudik

JagatBisnis.com – Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya akan menggelar patroli keliling untuk mengawasi rumah warga di Jakarta dan sekitarnya yang kosong karena ditinggal mudik. Patroli akan digelar mulai Sabtu (30/4) malam.

Patroli tersebut akan dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Mayjen TNI Untung Budiharto.

“Nanti malam juga saya undang teman-teman wartawan, saya dengan Pangdam akan melaksanakan patroli dialogis menjaga rumah warga yang sudah mudik,” kata Fadil kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/4).

Baca Juga :   Kemenhub Buka Posko Pengendali Mudik Lebaran

Fadil menyebut, pihaknya juga akan memberdayakan warga setempat untuk secara bersama-sama mengawasi rumah kosong yang ditinggal pemudik. Salah satunya dengan melibatkan remaja masjid.

“Seperti satpam, hansip, karang taruna, remaja Masjid kita berdayakan untuk menjaga rumah warga yang ditinggal mudik,” ujar Fadil.

Sementara itu, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto menegaskan, pihaknya siap dalam membantu Polda Metro dalam melaksanakan pengamanan sehingga warga yang mudik tak merasa cemas di kampung halaman.

Baca Juga :   Belum Ada Kepadatan Pemudik di Jabar

“Kita akan menjaga pemukiman yang ditinggalkan sehingga nyaman, tenang dan aman untuk bertemu dengan keluarga secara nyaman,” imbuh Untung.

Terakhir, Untung juga berpesan kepada pemudik tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami mohon prokes dijaga untuk menjaga kesehatan kita semua, sehingga mudik yang nyaman dan aman serta sehat bisa kita laksanakan bersama,” kata dia.

Sebelumnya, Jasa Marga melaporkan sudah 1,1 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek. Data tersebut dihimpun sejak H-10 sampai H-4 lalu.

Baca Juga :   Pemudik Diminta Rayakan Lebaran Ketupat di Kampung Halaman

“PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.157.959 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-10 sampai dengan H-4 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022,” rilis Jasa Marga, Jumat (29/4).

Angka pada periode 22-28 April tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari 4 Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung). (pia)

MIXADVERT JASAPRO