Curah Hujan Tinggi, Rumah Warga di Solok Tertimpa Tanah Longsor

JagatBisnis.com – Satu rumah milik warga di kawasan Laing Pasir, Kelurahan Laing, Kota Solok, Sumatera Barat, tertimpa tanah longsor. Peristiwa ini terjadi pada Minggu (6/2) sekitar pukul 02.00 WIB.

Kasi Rehab Rekon penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Adel Wiratama, mengatakan longsor dipicu intensitas hujan tinggi yang mengguyur daerah tersebut.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” kata Adel.

Selain itu, ia juga menyebut peristiwa tanah longsor ini terjadi disebabkan kontur tanah yang labil dan tidak ada penahannya.

Baca Juga :   Longsor, Puluhan Warga Pemalang Diungsikan

“Sehingga saat hujan mengguyur tebing, tanah longsor dan menghantam dinding rumah korban,” ujarnya.

Dia menyatakan setelah mendapat informasi atas kejadian tersebut, petugas TRC BPBD Kota Solok dan damkar bersama warga bahu-membahu membersihkan material longsor.

“BPBD juga memberikan bantuan berupa terpal sebanyak tiga helai,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra juga langsung turun ke lokasi kejadian bersama Kalaksa BPBD Gusmanri setelah mendapat informasi peristiwa tersebut.

Baca Juga :   4 Kecamatan di Tangerang Rawan Longsor

Ramadhani mengajak aparat setempat untuk senantiasa mengimbau masyarakat agar tetap waspada, karena saat ini kondisi cuaca di daerah itu yang sering dilanda hujan.

“Perlu memperhatikan saat ini sering hujan, maka dari itu perlu ditingkatkan kewaspadaan,” ujar Ramadhani.

Dia juga mengapresiasi tim reaksi cepat tanggap bersama masyarakat yang telah berupaya melakukan pembersihan material longsor.

Selain tanah longsor, kata dia, curah hujan yang sangat deras dan angin kencang di Kota Solok juga mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di Perumnas Singgalang, Kelurahan Tanjung Paku, Kota Solok.

Baca Juga :   Dalam Tiga Hari, Sudah 13 Kali Longsor di Banjarnegara

“Alhamdulillah pohon tersebut tidak mengenai rumah warga, tetapi pohon menimpa kabel listrik dan juga menghalangi akses jalan warga, sehingga segera kami turunkan tim untuk membersihkan material,” kata dia.

Menurutnya, kondisi pohon sudah mulai lapuk, karena usia pohon yang sudah tua. Kemudian ditambah hujan serta angin kencang yang membuat pohon roboh. Petugas harus menggunakan chainsaw untuk memotong pohon tersebut. (pia)

MIXADVERT JASAPRO