Awal 2022, 5 Ribu Orang Diprediksi Tiba dari LN

JagatBisnis.com – Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, diprediksi ribuan orang akan kembali ke Indonesia dari luar negeri awal tahun 2022. Jumlahnya diperkirakan sekitar 5.000 orang.

“Jadi kami sudah melakukan kontigensi atau skenario kedatangan 5.000 lebih pada masyarakat Indonesia yang kembali dari luar negeri pada tanggal mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal belasan,” kata Luhut dalam konferensi Pers perkembangan PPKM, Senin (27/12)

Luhut mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan skenario untuk mencegah penularan COVID-19 terutama dari varian Omicron.

Baca Juga :   Saat Razia PPKM Darurat, Para Petugas Diusir Warga Sekampung

“Langkah antisipasi telah dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan kedatangan pelaku perjalanan internasional yang akan diperkirakan terjadi pada awal tahun depan,” ucap dia.
Koordinator PPKM Jawa dan Bali itu menuturkan, skenario pemerintah adalah dengan tetap memberlakukan aturan karantina 10 hingga 14 haru.

Baca Juga :   Atur Perjalanan Masyarakat, Pemerintah Keluarkan Surat Edaran

“Tetap kami akan memberikan karantina 10 hari sampai 14 Hari ini sesuai negara asal datangnya,” ujar Luhut.

Selain itu, Luhut mengatakan perbaikan di berbagai tempat seperti bandara hingga wisma karantina akan dilakukan agar pelayanan terhadap WNI dari luar negeri berjalan dengan lancar.

Baca Juga :   Langgar PPKM Darurat, Toko Selular di Tangerang Disanksi Tegas

“Pemerintah telah melakukan koordinasi cepat di antaranya dengan melakukan evaluasi kesiapan Bandara Juanda sebagai alternatif pintu masuk untuk pemulangan logistik dan seluruh pelaku perjalanan luar negeri yang melakukan karantina di wisma di Surabaya,” tutur Luhut.(pia)

MIXADVERT JASAPRO