Ada 34 Ribu Sekolah Belajar Tatap Muka saat Pandemi

jagatBisnis.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat baru 34.200 satuan pendidikan (sekolah) di Indonesia yang melakukan pembelajaran tatap muka saat pandemi Covid-19 per 14 Januari 2021. Satuan pendidikan tersebut terdiri dari SD, SMP, SMA, SMK dan sekolah luar biasa (SLB).

“Keseluruhan sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka ini sekitar 15,5 persen dari seluruh sekolah di Indonesia,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, yang digelar secara virtual, Rabu (20/01/2021).

Dia menjelaskan, hasil tersebut didapat dari  riset dan survei sekolah di berbagai daerah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan. Beberapa sekolah di kota-kota besar yang memiliki kasus corona tinggi juga telah melaksanakan pendidikan tatap muka. Daerah tersebut antara lain, Jakarta 1 persen, Bandung 3 persen, Surabaya 3 persen, Medan 6 persen, dan Palembang 5 persen.

“Sementara itu, sebanyak 186.552 satuan pendidikan (84,5 persen) masih melaksanakan belajar dari rumah (BDR). Karena sejumlah daerah menunda rencana pembukaan sekolah untuk belajar tatap muka pada bulan Januari ini lantaran kasus positif Covid-19 belum melandai,” paparnya.

Dia mengakui, pihaknya telah memberi restu Pemda untuk membuka kegiatan belajar tatap muka di sekolah. Namun, sejumlah persyaratan harus dijalankan sekolah yang akan melakukan pembelajaran tatap muka. Untuk melakukan belajar tatap muka, sekolah tidak hanya harus mengantongi izin dari Pemda setempat, melainkan izin dari perwakilan orang tua.

“Prosedur pembelajaran tatap muka di masa pandemi sangat berbeda dengan pembelajaran pada situasi normal. Pembelajaran secara langsung harus dilakukan antara lain, dengan menggunakan masker tiga lapis, jarak fisik 1,5 meter, jarak siswa dalam kelas 1,5 meter, jadwal bergilir, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, penerapan etika bersin, serta guru dan murid harus dalam kondisi sehat,” bebernya. (esa/*)

Baca Juga :   Sekolah Belum Dibuka saat PSBB Transisi
MIXADVERT JASAPRO