Vaksin AstraZeneca Efektif Cegah Virus Baru B117

JagatBisnis.com – Pandemi Corona masih melanda Indonesia. Belum terlihat dimana penghujung pandemi, varian virus Corona B117 justru dikabarkan resmi masuk Indonesia pertama kali pada Selasa (2/3) lalu. Hal ini tentu menambah sederet panjang alasan vaksinasi harus segera dilakukan.

Guna mencukupi jumlah vaksin yang diperlukan masyarakat Indonesia, pemerintah tak hanya bergantung pada vaksin Sinovac. Indonesia juga mengupayakan hadirnya vaksin AstraZeneca dari Inggris.

Tak berbeda jauh dengan vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca juga cukup ampuh untuk meningkatkan anitibodi seseorang. Kini telah resmi tiba di Indonesia.

Indonesia setidaknya telah menerima 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca pada Selasa (8/3). Vaksin AstraZeneca yang diterima Indonesia merupakan vaksin hasil kembangan Oxford University. Vaksin ini juga telah mengantongi izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Eropa sesuai daerah produksinya.

Indonesia diperkirakan mendapat jatah vaksin AstraZeneca sebesar 11.704.800. Pengiriman vaksin ini akan dilakukan bertahap hingga Mei 2021. Proses untuk mendapatkan vaksin dari jalur multilateral ini akan terus dilakukan pemerintah Indonesia.

Tak hanya Indonesia, vaksin AstraZeneca ini juga telah digunakan di beberapa negara di Eropa. Mesir, Bahrain, Uni Emirat Arab, Kuwait, serta Malaysia menjadi deretan negara yang telah melakukan vaksinasi dengan vaksin AstraZeneca. Melansir dari Fimela, Kepala BPOM, Penny Lukito menyatakan jika vaksin AstraZeneca efektif membentuk antibodi.

Sewhan Chon, Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia mengaku sangat senang melihat kedatangan dosis pertama vaksin COVID-19 AstraZeneca di Indonesia melalui COVAX. Meskipun sebelumnya vaksin bukanlah fokus utama kami, AstraZeneca telah bekerja sebagai mitra secara global untuk menyediakan akses vaksin secara luas, merata dan tepat waktu bagi sebanyak mungkin orang secara nirlaba, selama masa pandemi.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada COVAX, pemerintah Indonesia, dan mitra multilateral atas kerja sama ini. Kami juga berharap masyarakat di Indonesia akan segera terlindungi dari COVID-19 saat mereka menerima vaksin kami,” katanya.

Sementara Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), memastikan bahwa semua vaksin yang digunakan pada program vaksinasi efektif terhadap varian baru virus corona, B.1.1.7. “(Vaksin) masih efektif (terhadap varian baru Covid-19. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mengatakan semua vaksin masih efektif untuk melawan virus Covid-19 dan mutasinya,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi.(hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button