Vaksin Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Akan Diberikan 2022

JagatBisnis.com –  Rencananya pemerintah baru dapat memberikan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Indonesia, mulai tahun 2022. Hal itu dilakukan karena, pemerintah mengalami kendala anggaran. Faktor lain ya, terkait urusan medis atau risiko yang harus diutamakan.

“Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun belum bisa dilakukan tahun ini. Selain keterbatasan anggaran, ada faktor medis yang lebih berisiko sehingga lebih perlu diutamakan,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat rapat bersama Komisi IX DPR, Senin (8/11/2021).

Budi menjelaskan, pemerintah baru saja menambah 25 juta target vaksinasi Covid-19 dari kelompok anak usia 12-17 tahun. Jadi, target vaksinasi dari semula 181 juta naik menjadi 206 juta.Target yang bertambah itu membuat stok vaksin Covid-19 harus ditambah.

“Vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun baru diberikan tahun 2022 setelah ada anggaran yang memadai. Karena ada isu anggaran tahun ini, mungkin kami akan dorong ke tahun depan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, kalangan tenaga kesehatan dan lanjut usia lebih berisiko jika terinfeksi virus Corona. Oleh karena itu, dua kalangan itu yang menjadi prioritas diberikan vaksin virus Corona. Maka, secara medis diprioritaskan yang berisiko tinggi dulu.

“Apalagi terkait vaksin Covid-19 booster (dosis tiga), kami lebih sangat berhati-hati menetapkan kebijakan tersebut. Karena booster vaksin merupakan isu sensitif mengingat masih banyak warga di negara lain yang sulit mendapat vaksin,” terangnya.

Menurutnya, dosis ketiga vaksin cukup sekali penyuntikan bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, pihaknya dengan perguruan tinggi masih melakukan uji klinis untuk memastikan hal tersebut. Diharapkan, akhir Desember ini selesai uji klinisnya. (*/eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button