Tujuh Daerah di Riau Diminta Siaga Hadapi Potensi Banjir

JagatBisnis.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meminta 7 penguasa kabupaten atau kota untuk sedia siap sedia mengalami kemampuan ataupun bahaya banjir dan 6 wilayah yang rawan longsor karena saat ini wilayah itu sudah merambah masa hujan.

” Penguasa wilayah yang butuh tingkatkan kesiapsiagaan, paling utama wilayah yang rawan kepada kemampuan banjir, merupakan Kabupaten Bengkalis, Indragiri Asal, Indragiri Ambang, Kampar, Pelalawan, Rokan Asal dan Rokan Ambang,” tutur Kepala BPBD Riau Meter. Edy Afrizal pada reporter di Pekanbaru, Jumat, 1 Oktober 2021.

Berita Terkait

Bagi ia, BPBD Provinsi sudah meminta BPBD kabupaten atau kota untuk melakukan usaha pencegahan dalam mengurangi akibat bahaya musibah banjir dan longsor yang mungkin mencuat di masing- masing wilayahnya untuk menekan kehilangan harta dan jiwa.

Sejumlah wilayah yang pula butuh tingkatkan kecermatan karena wilayah mereka rawan longsor beralasan ditaksir terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Asal, Rokan Ambang, Indragiri Asal dan Indragiri Ambang.

” Karena itu, BPBD Riau pula sudah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota untuk segera melaporkan jika terjadi musibah banjir dan longsor di wilayahnya supaya usaha penyelesaian dengan kilat dapat dilakukan,” tuturnya.

Jika seandainya terjadi musibah, tuturnya, jika terdapat permohonan dorongan personel dan perlengkapan, hingga BPBD Riau sedia menurunkan tim siap sedia ke posisi, dengan impian semoga musibah itu tidak hingga terjadi.

” Pertanyaan musibah cuma kewenangan Yang Mahakuasa, tetapi demikian kita tetap mengimbau warga, spesialnya yang bermukim di bantaran bengawan, untuk tetap cermas jika kadang- kadang air bengawan meluap, hingga kehilangan dapat diminimalisasi,” tuturnya.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button