Tips Liburan Aman di Tengah Pandemi COVID-19

jagatBisnis.com – Libur akhir tahun sudah di depan mata. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, libur akhir tahun 2020 ini dunia tengah dilanda pandemi virus corona atau COVID-19.

Dengan adanya pandemi ini, sejumlah rencana libur Natal dan akhir tahun mungkin batal. Tapi sebagian orang mungkin akan tetap menjalankan rencana mereka untuk menikmati waktu libur Natal dan Tahun Baru 2021 dengan mengunjungi keluarga mereka di daerah.

Berita Terkait

Namun, perlu diingat bahwa kita perlu bijak untuk bepergian di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini. Mengingat jumlah kasus COVID-19 di Tanah Air yang kembali meningkat sejak beberapa hari belakangan ini.

Kalau memang bisa untuk tidak bepergian, ada baiknya di rumah saja. Tapi jika memang masyarakat ingin bepergian, ingat kembali risiko yang mungkin akan terjadi dan tetap perhatikan protokol kesehatan selama melakukan perjalanan.

Lalu, bagaimana tetap aman bepergian ke beberapa daerah di Indonesia di tengah kasus virus corona yang meningkat? Dilansir dari laman tsnn.com, berikut ini metode pencegahan infeksi yang biasa sangat dianjurkan.

1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 30 detik.

2. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 70 persen etanol (periksa label pada botol Anda, sebab sebagian besar pembersih yang diberikan secara gratis di acara-acara, atau dari merek perawatan tubuh dan lotion kelas atas, memiliki kandungan alkohol kurang dari 70 persen, yang mana kurang efektif membunuh virus corona).

3. Tutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau lengan (bukan tangan) ketika Anda batuk atau bersin

4. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.

5. Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata Anda ketika belum mencuci tangan.

6. Jika menggunakan pesawat, di dalam pesawat jaga ventilasi udara di atas kursi Anda.

7. Bersihkan sandaran tangan pesawat dan meja dengan tisu sanitasi. Hal ini juga berlaku untuk beberapa jenis moda transportasi lainnya.

8.  Gunakan tisu untuk membuka pintu kamar kecil.

9. Hindari bepergian jika Anda sakit.

10. Gunakan masker yang menutupi mulut dan hidung.

11. Ketika kembali dari daerah yang terpapar dan merasakan gejala, segera periksakan diri ke dokter.

12. Tidak kontak dengan hewan secara langsung.

13. Pilih tempat wisata outdoor sehingga dapat menerapkan jaga jarak untuk terhindar dari COVID-19. Selain itu pilih juga berkunjung ke tempat yang tidak ramai.

“Dengan mengikuti praktik standar terbaik, seperti mencuci tangan secara teratur setelah berada di tempat-tempat umum, dan mendisinfeksi lengan kursi dan permukaan di sekitar Anda jika memungkinkan (termasuk taksi online, taksi dan angkutan umum), Anda berada di jalur yang tepat untuk tetap terlindungi dari paparan virus, ”kata Dr. Jacobson.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.(ser)

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button