Tahun Depan, Bakal Ada Kejutan bagi Pemilik Mobil dan Motor

JagatBisnis.com – Para pemilik alat transportasi di Indonesia selama sebagian tahun belum lama ini, bagus sepeda motor ataupun mobil menemukan banyak kejutan. Mulai dari terdapatnya kebijaksanaan aneh genap untuk mengatur lalu rute, sampai rencana aplikasi pesan permisi mengemudi ataupun SIM spesial motor besar.

Pada 2018 lalu, Korps Lalu Rute Polri pula mengenalkan sistem mutahir yang dapat menilang alat transportasi melalui kamera. Teknologi ini dikenal Electronic Traffic Law Enforcement ataupun ETLE, dan teruji jitu mengurangi jumlah pelanggaran di jalur raya.

Tahun depan, para pemilik motor ataupun mobil akan menemukan satu kejutan lagi, saat mereka akan mengurus nomor pendaftaran alat transportasi bermotor.

Kejutan yang diartikan, merupakan aplikasi pelat nomor dengan konsep berlainan dari yang digunakan saat ini. Perihal itu tertuang di dalam artikel 45 Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Pendaftaran dan Pengenalan Alat transportasi Bermotor.

Dalam artikel itu, dituturkan kalau seluruh alat transportasi perseorangan, badan hukum dan badan global akan menggunakan tanda nomor alat transportasi bermotor ataupun TNKB, dengan warna dasar putih dan catatan gelap.

Rencana ini sebelumnya sudah sempat timbul pada 2018, tujuannya merupakan untuk menolong sistem ETLE mengidentifikasi piringan hitam nomor alat transportasi yang melakukan pelanggaran. Tetapi, artikel itu akhirnya terkini dapat direalisasikan pada tahun ini.

Kasubdit STNK Korlantas Polri, Kombes Muhammad Taslim Chaeruddin mengatakan kalau walaupun ketentuan itu sudah disahkan pada tahun ini, tetapi pelaksanaannya terkini akan efisien legal tahun depan karena masih butuh sebagian perencanaan.

“ Butuh disiapkan materialnya, materi catnya. Itu wajib menjajaki metode teknis logistik benda dan jasa penguasa, dan menjajaki manajemen anggaran negeri. Dialokasikan anggarannya tahun ini, dan terkini bisa digunakan tahun depan,” ucapnya pada badan alat, pada Jumat 13 Agustus 2021. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button