Sirkuit Mandalika Bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit

JagatBisnis.com –  Kementerian BUMN secara resmi meluncurkan nama untuk sirkuit Mandalika di Jakarta, Kamis (7/10/2021). Sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Dengan adanya sirkuit ini diharapkan mampu mendorong tingkat perekonomian masyarakat di sekitar Lombok, NTB. Karena pariwisata bukan hanya berbicara soal infrastruktur. Sehingga, adanya sirkut ini juga mampu membangun pengalaman masyarakat sekitar,” kata Wakil Menteri BUMN l, Pahala Nugraha Mansury dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Peresmian Nama Sirkuit, Kamis (7/10/2021).

Menurut dia, rampungnya sirkuit yang diklaim memiliki tikungan terbanyak di dunia ini bukan sesuatu yang sesaat, melainkan mengacu pada budaya yang bukan project base. Pihaknya berharap semua acara yang digelar di sirkuit itu bisa menjadi satu siklus tahunan. Maka, dengan adanya gelaran acara berkepanjangan di wilayah ini mampu mendorong tingkat wisatawan mancanegara maupun domestik.

“Kalau puncak event adalah MotoGP, maka sepanjang tahun kita lihat harus ada event, kita harapkan diikuti event lainnya. Dengan begitu, wisatawan domestik bisa hadir di NTB untuk menyaksikan event tersebut. Sehingga NTB bisa menjadi 1 dari 5 destinasi super prioritas. Inilah upaya kita untuk bisa realisasikan Lombok sebagai daerah pariwisata super prioritas,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menambahkan, dari segi benefit yang diterimanya, langkah ini juga menjadi salah satu bisnis model yang dekat dengan sektor yang digeluti perusahaannya.
Di sektor energi, ke depannya akan dibangun sentra renewable energy di sekitar sirkuit itu.

“Otomotif ini sangat dekat, ini event kemudian bisa digunakan promosikan produk kamk di skala internasional. Selain dari bentuk promosi kami juga bisa mempromosikan kepada dunia, Indonesia mampu menggelar helatan akbar standar internasional,” tutupnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button