Sinergi Bea Cukai Bersama APH dan Instansi Pemerintah Dorong Perekonomian

JagatBisnis.com – Bea Cukai terus mengoptimalkan kinerja dalam mendorong perekonomian negara dengan salah satu upayanya yaitu bersinergi dengan aparat penegak hukum (APH), instansi maupun lembaga pemerintah.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan sinergi kali ini dilakukan di lima kantor Bea Cukai untuk memperkuat koordinasi dalam berkinerja untuk mencapai tujuan bersama di bidang pengawasan maupun pelayanan.

“Pengawalan ekonomi memerlukan kolaborasi dengan seluruh instansi terkait. Melalui sinergi ini, Bea Cukai berupaya untuk bersinergi dalam mencapai hasil kinerja yang maksimal, juga untuk mendorong perekonomian negara,” kata Hatta.

Hatta menyebutkan beberapa kantor yang melakukan sinergi diantaranya Bea Cukai Jateng DIY, Bea Cukai Yogyakarta, Bea Cukai Juanda, Bea Cukai Batam, dan Bea Cukai Ambon.

Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menerima kunjungan dari Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, S.I.K. sebagai bentuk penguatan koordinasi dan sinergi dalam rangka penegakan hukum di bidang Kepabeanan dan Cukai, yang juga tetap mengutamakan penerimaan negara.

Bea Cukai Jateng DIY juga mengunjungi Panglima Kodam IV yang baru menduduki jabatannya sejak awal bulan Maret 2021 lalu. Kedua belah pihak sepakat untuk terus memperkuat kerjasama yang selama ini sudah terbangun, antara lain dalam mendukung penegakan hukum di bidang Kepabeanan dan Cukai, demi pengamanan penerimaan negara.

Kunjungan kerja juga dilakukan Bea Cukai Juanda ke Kantor OMBUDSMAN Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Sebagai pengawas penyelenggara pelayanan publik, OMBUDSMAN memegang peran penting dalam reformasi yang dilakukan Bea Cukai Juanda. Kehadirannya mampu mengcapture kondisi pelayanan yang diberikan, tak terkecuali kekurangan/kelemahan yang dimiliki Bea Cukai Juanda sebagai bahan evaluasi dan perbaikan. Pertemuan kali ini membuahkan rencana kerja OMBUDSMAN untuk melaksanakan pemantauan, sosialisasi, dan asistensi secara langsung di lingkungan kerja Bea Cukai Juanda sebagai tindak lanjut atas capaian predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang telah berhasil diraih.

Sinergi pengawasan turut dilakukan Bea Cukai Yogyakarta bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) dan Polda DIY dalam menyikapi maraknya peredaran barang black market khususnya di dunia perdagangan komputer.

Tingkatkan Utilitas Sistem Pembayaran Batam Logistics Ecosystem, Bea Cukai Batam Gandeng Salah Satu Bank Terbesar di Indonesia

Dari sisi pengawasan, kata Hatta, sinergi juga dilakukan Bea Cukai Batam dengan kembali melakukan kunjungan sebagai pelaksanaan fungsi trade facilitator dan industrial assistance ke Bank Mandiri. Kunjungan ini dimaksudkan guna meningkatkan utilitas sistem pembayaran dari Batam Logistics Ecosystem (BLE).

Dalam kunjungan ini, Bea Cukai Batam menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri membahas tentang skema integrasi sistem pembayaran pada platform BLE. Dengan harapan sistem pembayaran pada platform dapat lebih terintegrasi, memudahkan pengguna jasa dalam melakukan pembayaran.

Sinergi juga dilakukan Bea Cukai Ambon yang mengunjungi beberapa instansi daerah diantaranya Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Seram.

Dengan tiga kunjungan di tiga instansi daerah tersebut diharapkan dapat terjalin sinergi yang baik bersama Bea Cukai Ambon.

“Tujuan dari kegiatan asistensi dan jalin sinergi yang dilakukan Bea Cukai Ambon di Pulau Seram adalah menaikkan tingkat ekspor di Maluku supaya dapat menyejahterakan masyarakat yang bekerja di usaha tersebut, ditambah lagi dengan masuknya dana hasil ekspor sebagai penerimaan daerah,” ungkap Hatta. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button