Sering-sering Buka Akun Google Kamu agar File Tidak Dihapus

JagatBisnis.com –  Sejak Juni 2021, Google mulai meresmikan kebijaksanaan yang mengizinkan konsumennya menghilangkan konten atau file yang tersembunyi di dalam akun Google dari server online mereka, tanpa butuh permisi terlebih dulu pada pemilik akun.

Kebijaksanaan penghapusan konten ini akan berakibat pada konten atau file yang terdapat di layanan Google, semacam Google Photos, Gmail, dan Drive (Docs, Sheets, Slides, Drawings, dan Forms).

Dalam unggahan di web resminya, Google mengatakan kalau terdapat 2 patokan pengguna akun yang file- nya kadang- kadang dapat dihapus tanpa pemberitahuan.

Awal, pengguna yang tidak aktif menggunakan akun Google selama 2 tahun penuh akan dihapus.

Kedua, pengguna yang telah melampaui batasan penyimpanan free 15 GB di akun- akun Google, selama 2 tahun pula akan dihapus.

” Selama kalian masih aktif menggunakan akun, kalian tidak akan terbawa- bawa oleh ketentuan ini,” catat Google.

Pihak Google sendiri terkini meresmikan ketentuan ini mulai 1 Juni lalu. Itu berarti, belum terdapat pengguna akun Google yang informasinya dihapus saat ini, melainkan akun itu tidak digunakan selama 2 tahun ke depan ataupun sampai 2023. Terkini saat itu pihak Google akan menghapusnya.

Esoknya, Google akan memberikan pemberitahuan ke akun pengguna, saat sebelum konten betul- betul dihapus.

Diharapkan, dengan pemberitahuan itu, pengguna akan mengutip tindakan, supaya konten di Google Photos, Gmail, dan Drive kepunyaannya tak dihapus, semacam mengunduh ataupun memindahkan ke bentuk penyimpanan yang lain.

Google menganjurkan, cara termudah supaya bebas dari penghapusan konten ini ialah dengan cara membuka akun Gmail, Drive, ataupun Google Photos dengan cara teratur.

Sedangkan untuk pengguna akun yang sudah mencapai batasan maksimal kapasitas penyimpanan free sampai 15 GB, dianjurkan untuk meluangkan ruang penyimpanan pada akun. Salah satu caranya yakni dengan menghilangkan konten atau fila yang sudah tidak digunakan.

Ataupun pengguna pula dapat menaikkan kapasitas penyimpanan bonus dengan berlangganan penyimpanan cloud Google One, dengan harga mulai dari Rp 26. 900 per bulan untuk kapasitas penyimpanan ekstra 100 GB. Informasi paket dan harga Google One dapat diamati di tautan Pangkal ASLI.

Google mengatakan, aplikasi kebijaksanaan penghapusan konten ini ialah usaha industri untuk mensterilkan server dari file akun kepunyaan pengguna akun yang sudah tidak aktif selama bertahun- tahun.

” Kebijaksanaan ini pula menolong kita untuk penuhi permohonan penyimpanan yang lalu bertambah dan bisa memadankan kebijaksanaan penyimpanan kita di semua produk Google,” catat Google pada Sabtu (18/9/2021).

Jadi, Sering- sering buka akun Google kalian betul, supaya konten atau file kalian tidak dihapus oleh Google.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button