Serahkan Sertipikat Hak Pakai, Wamen ATR/Waka BPN Sampaikan Pentingnya Kerja Sama Lintas Sektor

JagatBisnis.com – Masih dalam rangkaian kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) ke Provinsi Jambi, Surya Tjandra melakukan kunjungan ke kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun. Dalam kunjungan ini, Wamen ATR/Waka BPN juga berkesempatan melakukan penyerahan 12 Sertipikat Hak Pakai kepada Bupati Kabupaten Sarolangun di Aula Kantor Bupati Sarolangun, Kamis (10/06/2021).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut penyelesaian persoalan yang sebelumnya didahului dengan peninjauan langsung ke masyarakat Orang Rimba di Kabupaten Soralangun, Provinsi Jambi.

Turut hadir bersama Wamen ATR/Waka BPN, yaitu Direktur Pencegahan dan Penanganan Konflik Pertanahan, Daniel Adityajaya; Kasubdit Penanganan Konflik Kelompok Masyarakat dan Tanah Ulayat, Sitti Hafsiah; Plh. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, Ismed Syah Alam; Komisioner Komnas HAM, Sandrayati Moniaga; Deputi KSP, Abetnego Tarigan serta Wakil Ketua Komite 1 DPD RI, Fernando Sinaga.

Menurut laporan Bupati Kabupaten Sarolangun, Cek Endra, populasi Suku Anak Dalam (SAD) di Provinsi dari data ada 12.000, yang mana untuk Kabupaten Sarolangun sendiri ada 650 Kepala Keluarga atau 2.605 orang yang tersebar di 6 Kecamatan. Di mana di beberapa desa yang sudah menyesuaikan diri di masyarakat sekitar lebih kurang 50 persen.

Lebih lanjut, Cek Endra mengatakan bahwa Pemerintah Sarolangun sendiri sangat aktif membantu SAD yang terdapat di Provinsi Jambi. “Pemkab sudah melakukan beberapa hal baik dalam rangka membantu seperti memfasilitasi pendidikan, memberikan bantuan sosial sampai beasiswa bagi SAD,” jelasnya.

“Tentunya untuk realisasi mengatasi persoalan SAD, kami tidak bisa bekerja sendiri, kami perlu dukungan, bantuan dan peran serta dari pemerintah pusat sangat kami butuhkan. Saya sangat berharap kehadiran Bapak Wamen di Kabupaten Sarolangun ini mampu memberikan solusi terkait permasalahan yang selalu muncul, sehingga bisa memajukan Provinsi Jambi,” tambah Cek Endra.

Menanggapi hal tersebut, Wamen ATR/Waka BPN, Surya Tjandra mengatakan masih mencari dan memahami terlebih dahulu duduk masalah. “Saat ini kami masih mencari informasi soal apa yang dihadapi oleh masyarakat orang Rimba Hitam Hulu, kita juga sedang mencari potensi dan peluang-peluang apa yang kita bisa berikan,” ungkap Surya Tjandra.

Setelah melakukan peninjauan ke masyarakat orang Rimba Hitam Hulu, Surya Tjandra tertarik untuk mendorong adanya Major Project sesuai dengan harapan Bupati untuk memajukan tidak hanya Kabupaten Sarolangun tapi juga Provinsi Jambi secara keseluruhan. “Kita akan berdiskusi bersama apa yang kita bisa bantu, yang pasti ini butuh kerja sama kita semua, baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mewujudkannya. Kita harap di rencana pembangunan akan ada major project di Provinsi Jambi,” katanya.

Untuk itu, Wamen ATR/Waka BPN pun mengajak semua pihak dengan kesempatan yang ada untuk sama-sama bekerja dan belajar. Masih banyak potensi di wilayah Jambi yang bisa dikembangkan dan dibangun untuk mendorong Jambi lebih maju lagi khususnya masyarakat orang Rimba Hitam Hulu yang butuh perhatian khusus. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button