Sejumlah Provinsi Potensi Hujan dan Angin Kencang

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi, Ilmu cuaca, dan Geofisika( BMKG) menghasilkan peringatan dini Mengenai kemampuan hujan diiringi cepat dan angin cepat yang bisa terjadi di sejumlah provinsi di Indonesia pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan rimbun diiringi petir dan angin cepat semacam di Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat.

Berita Terkait

Setelah itu Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku Papua. Lalu di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Barat.

Spesial di wilayah DKI Jakarta, kemampuan hujan diiringi cepat dan angin cepat dengan lama pendek bisa terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang dan menjelang malam hari.

Sementara di Jawa Barat, kemampuan hujan diiringi cepat dan angin cepat pada siang dan menjelang petang hari bisa terjadi di Kabupaten dan Kota Bogor, Depok, Kota Bekasi, Karawang, Subang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Raya, Indramayu, Kuningan, Ciamis, Majalengka, Tasikmalaya, Alur, Garut, dan Sumedang.

BMKG pula mengimbau warga untuk mewaspadai gelombang besar 2, 5- 4 meter di Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue sampai Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu sampai Barat Lampung, dan Samudra Hindia Barat Sumatera.

Tidak hanya itu, pula terjadi di Antara Sunda Bagian Barat Dan Selatan, Antara Sunda Bagian Barat Dan Selatan, Perairan Selatan Banten Sampai Sumbawa, Antara Bali- Lombok- Alas Bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan Banten Sampai Nusa Tenggara Timur, Perairan Selatan Kepulauan Sermata- Tanimbar, dan Laut Arafuru.

BMKG mengimbau untuk mencermati resiko besar kepada keamanan pelayaran, ialah pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, dan kapal dimensi besar semacam kapal barang atau kapal berdarmawisata.

Warga yang bermukim dan beraktifitas di pantai sekitar zona yang berkesempatan terjadi gelombang besar diimbau untuk senantiasa cermas.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button