Ricuh, Ratusan Peziarah Paksa Masuk di TPU Tegal Alur

JagatBisnis.com – Kekacauan luang terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Ceruk, Jakarta Barat. Ini terjadi sebagai ekor pengunjung memforsir masuk pada hari Idulfitri kedua Idul Fitri 1442 H, Jumat 14 Mei 2021.

Kepala Satuan Polisi Pelindung Praja Jakarta Barat, Tamo Sijabat membetulkan terdapatnya peristiwa itu.

” Iya betul (tadi luang cekcok),” ucap ia pada reporter, Jumat 14 Mei 2021.

Massa yang membludak dan menghindari kemampuan gaduh yang lebih besar, pada akhirnya aparat di lokasi

memperbolehkan para pengunjung masuk ke zona TPU. Jumlah pengunjung diperkirakan mencapai ratusan orang.

” Karena jumlahnya banyak terdapat seratusan kali yang coba( masuk) daripada esok diprovokasi yang enggak- enggak jadi akhirnya diserahkan masuk,” tutur ia.

Walaupun sedemikian itu, lanjutnya, aparat tetap memantau aplikasi aturan kesehatan COVID- 19 di situ supaya tidak terjadi gerombolan. Mereka pula memberikan masker ke pengunjung.

” Tetapi di dalam kita ingatkan biar ziarahnya dipercepat gitu, enggak harus ngobrol- ngobrol lagi berakhir kunjungan langsung kembali, enggak berkumpul- kumpul. Setelah itu piket jarak dan gunakan masker, tadi anggota ngasih masker lumayan banyak pula tadi 500 masker dibagikan,” jelasnya.

Sebelumnya dikabarkan, Penguasa Provinsi DKI Jakarta menutup sementara kegiatan kunjungan kuburan di posisi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terdapat di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor (Jabodetabek).

Perihal itu dikatakan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bersama Kapolda Metro Berhasil, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran, Komandan Panglima Berhasil Mayjen Tentara Nasional Indonesia(TNI) Dudung Abdurachman, Orang tua Kota Bogor Bima Arya, dan barisan wilayah orang sebelah di Gedung Kota, Jakarta Pusat, Senin, 10 Mei 2021.

” Kegiatan kunjungan kuburan ditiadakan mulai ditiadakan bertepatan pada 12 Mei hingga dengan hari Minggu 16 Mei. Semua penguburan di Jabodetabek akan ditutup dari wisatawan untuk kunjungan,” tutur Anies. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button