Prima Melayani, Bea Cukai Bogor Berikan Layanan Antar Pita Cukai

JagatBisnis.com – Dalam rangka menjalankan salah satu fungsi Bea Cukai, yaitu pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang cukai, Bea Cukai Bogor berkomitmen melayani para pengguna jasa, khususnya reksan cukai, dengan prima. Salah satu inovasi yang diberikan Bea Cukai Bogor dalam mendukung hal tersebut adalah dengan Layanan Antar Pita Cukai.

Hal ini pun menurut Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Edwan Isrin sejalan dengan visi Bea Cukai, yaitu continuous improvement. “Lewat visi tersebut, kami berupaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. Kegiatan pengantaran pita cukai ini pun kami manfaatkan sebagai ajang customs visit customers (CVC) yang diwakili oleh unit Penyuluhan dan Layanan Informasi, unit Perbendaharaan, Unit Kepatuhan Internal serta unit Penindakan dan Penyidikan,” ungkapnya pada Jumat (07/05).

Disebutkan Edwan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempermudah koordinasi kegiatan operasional reksan cukai guna memberikan pelayanan yang profesional salah satu contoh pelaksanaan ini. Salah satu contoh pelaksanaannya adalah pengantaran pita cukai ke PT Java Juice Indonesia di bulan April 2021 lalu.

“Di awal kegiatan tersebut Bea Cukai Bogor melakukan sharing session dengan pihak manajer perusahaan. Kami mengungkapkan apresiasi kami terhadap perusahaan dan harapan kami, agar kegiatan tersebut dapat memperkuat sinergi yang telah terbangun antara kedua pihak. Selain itu kami juga menyampaikan bahwa Bea Cukai Bogor pada tahun 2021 ini dicanangkan untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), sehingga kami meminta dukungan dan kerja sama yang baik dari reksan cukai agar hal tersebut dapat terwujud. Kegiatan pun diakhiri dengan penyerahan pita cukai kepada perusahaan,” lengkapnya.

PT Java Juice merupakan perusahaan yang memproduksi hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL) jenis ekstrak dan essens tembakau atau dikenal dengan sebutan liquid vapor. Perusahaan yang mulai beroperasi sejak tahun 2018 ini melakukan system penjualan made by order, yaitu pesan langsung produksi. Ada sekitar lima belas orang karyawan aktif yang bekerja untuk perusahaan ini.

“Dalam sesi diskusi, perusahaan menyampaikan bahwa layanan antar pita cukai yang diberikan Bea Cukai membantu proses bisnis perusahaan. Proses bisnis perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien serta mengurangi mobilitas perusahaan yang tentunya sangat berguna terutama di masa pandemi ini. Selanjutnya, kami berharap terus dapat membangun inovasi-inovasi unggulan lainnya guna memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa,” tutup Erwan. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button