Perkuat Fungsi Pengawasan, Bea Cukai Tingkatkan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum Lain

JagatBisnis.com – Dalam upaya memperkuat fungsi pengawasan, Bea Cukai di beberapa daerah kembali meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan aparat penegak hukum lain lewat kegiatan kunjungan kerja hingga operasi bersama.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas sebagai community protector, Bea Cukai akan bersinggungan secara langsung maupun tidak langsung dengan instansi lain. Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas tersebut dibutuhkan sinergi dan koordinasi yang berkesinambungan.

“Dalam pengawasan, kami menyadari bahwa kami tidak bisa bekerja sendiri, sinergi sangat dibutuhkan. Sinergi diharapkan mampu mempermudah kerja sama dan membangun komunikasi yang efektif dalam melaksanakan tugas pengawasan,” imbuh Firman.

Di Jawa Timur, Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I beserta beberapa unit lain di lingkungan Kementerian Keuangan melakukan kunjungan kerja ke Kepolisian Daerah Jawa Timur pada Rabu (03/11). Dalam acara kunjungan disampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan isu-isu strategis terkait penerimaan negara termasuk upaya pengawasan dalam rangka optimalisasi penerimaan negara yang telah dilakukan di Jawa Timur.

Sama halnya dengan Kanwil Bea Cukai Jatim I, Kanwil Bea Cukai Sulbagtara juga meningkatkan sinergi pengawasan dengan menyambangi Kajati Sulteng, Kapolda Sulteng, serta Danrem 132/Tadulako pada Senin (08/10). Pada ketiga kunjungan tersebut dibahas tentang upaya mengoptimalkan pengawasan dengan bersinstansi antar instansi.

Di Sumatera Utara, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara melakukan kunjungan ke Kodam I Bukit Barisan untuk berbagi informasi mengenai tugas fungsi masing-masing instansi. Kunjungan kali ini juga dilakukan untuk mempererat koordinasi dalam melakukan penegakan hukum. Hal-hal yang dibahas termasuk mengenai peredaran rokok ilegal yang masif di daerah Sumatera Utara, peredaran narkotika dan pakaian bekas.

“Kunjungan semacam ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan dalam upaya mengoptimalkan pengawasan serta memberi perlindungan maksimal kepada masyarakat,” ujar Firman.

Selain itu, untuk meningkatkan sinergi Bea Cukai juga kerap melakukan operasi bersama seperti yang dilakukan Bea Cukai Pantoloan dengan Imigrasi dan BNN. Pada Senin (08/11) bertempat di Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Pantoloan, Bea Cukai Pantoloan turut mengikuti upacara pembukaan kegiatan operasi patroli laut “Joint Operation Cutoms-Immigration-Narcotics Board”.

“Kegiatan operasi bersama diharapkan dapat menyatukan semangat dan tekad dalam menjaga keamanan serta kondusifitas Provinsi Sulawesi Tengah khususnya terkait pengawasan orang asing dan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan prekursor,” pungkas Firman.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button