Peringati HANTARU 2021, Kementerian ATR/BPN Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional

JagatBisnis.com –  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Biro Hubungan Masyarakat mengadakan konferensi pers terkait peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) secara daring pada Kamis (23/09/2021). Adapun tema HANTARU 2021 ini adalah Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HANTARU Tahun 2021, sekaligus Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Shafik Ananta Inuman, menjelaskan kepada media yang hadir melalui daring bahwa peringatan ini diawali pada tanggal 24 September 2021, yang merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria atau kita kenal UUPA. Sementara puncak peringatan HANTARU tahun 2021 jatuh pada tanggal 8 November 2021 yang juga merupakan peringatan Hari Tata Ruang.

“Tepat pada 24 September 2021 besok, Kementerian ATR/BPN akan melaksanakan upacara yang akan dipimpin langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN dan dihadiri oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, para Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama para Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN, serta para Pejabat Administrator di lapangan parkir gedung Kementerian ATR/BPN serta yang lainnya akan mengikuti upacara secara daring,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Budi Situmorang menjelaskan puncak acara HANTARU tanggal 8 November 2021 akan dilaksanakan di Puncak kawasan Jabodetabek-Punjur, nantinya akan dilakukan penanaman pohon. “Puncak acara akan dilakukan di outdoor dan masih mencari tempat yang pas di daerah puncak, karena puncak ini merupakan hulu dari seluruh Jabodetabek sehingga kita akan memulihkan wilayah tersebut dengan menyiapkan juga sumur-sumur resapan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Budi Situmorang mengungkapkan jika pemilihan tema HANTARU tahun 2021 yaitu Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Pelayanan Agraria dan Tata Ruang yang Profesional. Tema ini untuk percepatan pemulihan ekonomi serta pelayanan yang sebelumnya sudah cepat akan dipercepat kembali. Ia mengatakan tema ini sangat penting, semua yang akan dilakukan selama perayaan HANTARU mengingatkan dalam komitmen Kementerian ATR/BPN untuk pelayanan kepada masyarakat secara profesional.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati, menyatakan usai upacara yang dilaksanakan 24 September 2021 besok, dihari yang sama, Menteri ATR/Kepala BPN bersama para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya akan meluncurkan layanan online, LoketKu dan Layanan Permohonan Informasi Publik online. “Loketku merupakan layanan yang terintegrasi dengan aplikasi Mitra serta aplikasi Sentuh Tanahku,” tuturnya.

Hadir pula dalam acara konferensi pers secara luring di Aula PTSL Kementerian ATR/BPN yaitu Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Embun Sari; Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Deni Ahmad Hidayat; Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL), Indra Gunawan; serta jajaran dari Biro Hubungan Masyarakat.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button