Perbaikan Tol Cipali Sampai 1,5 Bulan

JagatBisnis.com –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, amblesnya jalanan di rute Tol Cikopo- Palimanan( Cipali) Kilometer 122 arah Jakarta pada 8 Februari 2021 diakibatkan gerusan lereng badan jalur dampak tingginya keseriusan hujan. Jalur itu kikis sejauh 40 meter.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Departemen PUPR bersama Badan Upaya Jalur Tol (BUJT) telah melakukan 3 langkah penindakan longsor Jalur Tol Cipali Kilometer 122. Awal merupakan pengaturan contraflow yang semula 9 kilometer( Kilometer) jadi 1 Kilometer mulai dari Kilometer 121+800 hingga dengan Kilometer 122+800.

Kedua, Basuki meneruskan, pada saat yang berbarengan akan dibentuk 2 deret ataupun detour sementara di median jalur sejauh 200 meter dari kilometer 122+300 hingga kilometer 122+500 dengan durasi pengerjaan 10 hari.

” Dengan median sementara ini, hingga pengguna jalur bisa berkendara sesuai deret masing- masing yang esoknya tidak terdapat lagi contraflow lagi,” ucapnya melalui pancaran pers, Sabtu, 13 Februari 2021.

Sedangkan ketiga, untuk penindakan permanen lebih lanjut, posisi amblesan akan ditutup selama 1, 5 bulan untuk dilakukan koreksi dengan cara permanen dengan menggunakan borepile yang berperan untuk menahan longsor.

” Akan dipasang guardrail di bagian median rute A biar nyaman, dan akan kita usahakan untuk dipercepat,” jelas ia.

Basuki membenarkan, setelah penindakan ini berakhir, penindakan waktu panjangnya Departemen PUPR melalui Ditjen Bina Ahli bersama BUJT akan melakukan usaha untuk mencari titik posisi yang hampir serupa dengan longsor di Kilometer 122.

“ Jika terjadi longsor, tentu disebabkan terdapat air yang masuk ataupun masuk dan tanahnya ekspansif. Untuk itu kita akan menanganinya,” terangnya.

Tol Cipali ialah bagian dari sistem jalur tol Trans Jawa yang mengaitkan mulai dari jalur tol Merak sampai ke Surabaya. Tol Cipali terletak diantara Jakarta- Cikampek dan jalur tol Palimanan- Kanci. Sejak ditetapkan pada 13 Juni 2015 lalu, jalur tol Cipali memotong arah Cikampek- Palimanan sampai 40 kilometer dibanding melampaui rute Pantura. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button