Volume Kendaraan di Tol Cipali Menjelang Lebaran Diprediksi Meningkat 48 Persen

JagatBisnis.com – Jumlah kendaraan yang melintas di tol Cikopo – Palimanan (Cipali) selama libur lebaran diperkirakan meningkat sebesar 48 persen. Peningkatan ini terjadi karena pemerintah memberikan sejumlah kelonggaran selama masa pandemi.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, volume lalu lintas arus mudik yang melintas di tol Cipali selama libur lebaran diperdiksi meningkat hingga 103 ribu kendaraan, atau lebih tinggi dari lalu lintas hari biasa yakni sebesar 55 ribu kendaraan.

“Kebijakan pemerintah dalam memberikan kelonggara bagi masyarakat selama lebaran, kemungkinan turut mendorong peningkatan volume kendaraan di tol Ciali,” katanya, Kamis (21/04/2022).

Baca Juga :   One Way Diperpanjang dari KM 70 Tol Japek hingga KM 442 Gerbang Tol Bawen

Pihaknya juga memperkirakan, lebaran tahun 2022 ini terjadi lonjakan volume kendaraan dengan mayoritas pemudik menuju ke wilayah Timur melalui Jalan Tol Trans Jawa.

Oleh karenanya, untuk menghindari kepadatan lalu lintas dan mengantisipasi terjadinya lonjakan signifikan, masyarakat diminta melakukan perencanaan perjalanan mudik dengan bijak.

Baca Juga :   Kota Yogya Diserbu Para Pemudik

“Hal ini harus benar-benar diantisipasi masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan, khususnya mengatur waktu dan rute dengan menghindari perjalanan di puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada 29 April 2022 mendatang dan puncak arus balik pada 8 Mei 2022,” ujarnya.

Di sisi lain, dalam menghadapi lebaran tahun 2022 pihaknya siap memberikan pelayanan maksimal melalui berbagai macam upaya peningkatan fasilitas dan infrastruktur, termasuk menghentikan pekerjaan fisik mulai H-10 atau sejak tanggal 23 April hingga minggu ketiga bulan Mei 2022.

Baca Juga :   Diperkirakan Puncak Arus Mudik 2022 pada 30 April dan Arus Balik 8 Mei

“ASTRA Tol Cipali siaga dalam melayani pengguna jalan dengan armada layanan keselamatan yang terdiri dari 12 unit kendaran patroli, 15 unit derek, kendaraan Rescue 2 unit, ambulance 5 unit, dan 6 unit PJR. Untuk memantau lalu lintas dan kecepatan kendaraan tersedia sebanyak 166 CCTV dan 1.500 unit lampu penerangan jalan umum di sepanjang ruas jalan tol Cipali,” pungkasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO