Perangi Rokok Ilegal, Bea Cukai Kenalkan Pita Cukai 2021 dan Cara Identifikasi Keasliannya

JagatBisnis.com –  Tingkatkan pengawasan terhadap rokok illegal, Bea Cukai kenalkan desain pita cukai tahun 2021 dan cara mengidentifikasi keasliannya kepada pegawai dan masyarakat di berbagai daerah.

Desain pita cukai tahun 2021 bertemakan biota laut. Tema tersebut dipilih karena negara Indonesia merupakan negara maritim. Dengan warna dasar kertas yang kebiruan, pita cukai tahun 2021 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang mirip dengan uang kertas, seperti hologram, serat mikrofiber, dan cetakan tajam. Untuk melihat keaslian pita cukai dapat menggunakan tiga cara, yaitu secara kasat mata, menggunakan kaca pembesar, dan pancaran sinar ultra violet (UV).

Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, M. Hatta Wardhana mengatakan bahwa di awal bulan Mei ini, kegiatan pengenalan pita cukai sudah dilakukan di tiga kantor, yaitu Bea Cukai Sidoarjo, Meulaboh dan Timika dengan sasaran baik internal pegawai Bea Cukai ataupun masyarakat umum.

“Pengenalan desain pita cukai tahun 2021 yang bertemakan biota laut dan bagaimana cara mengidentifikasi keasliannya merupakan hal yang sangat penting sekarang ini. Demi menekan maraknya peredaran rokok illegal, tidak hanya tugas internal Bea Cukai semata, tapi peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan,” kata Hatta.

Di Jawa Timur, Bea Cukai Sidoarjo berkolaborasi dengan Pemkot Mojokerto menyelenggarakan sosialisasi ketentuan di bidang cukai hasil tembakau dan cara identifikasi puta cukai 2021. Bertempat di Pendopo Rumah Rakyat Kota Mojokerto, kegiatan ini diselenggarakan dengan mengundang 200 pedagang toko yang tersebar di 18 kelurahan di wilayah Kota Mojokerto dan anggota perlindungan masyarakat (Linmas) Kota Mojokerto. Sosialisasi ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan umum kepada masyarakat tentang cara identifikasi adanya pelanggaran di bidang cukai hasil tembakau.

Kegiatan pengenalan desain pita cukai juga dilakukan oleh Bea Cukai Meulaboh dan Bea Cukai Timika. Pengenalan desain pita cukai 2021 diberikan kepada seluruh pegawai melaui program pengembangan kompetensi pegawai (P2KP).”Dengan adanya kegiatan ini, tentunya akan menambah pemahaman pegawai, ini sangat dibutuhkan dalam bekerja. Berbekal ilmu yang didapat, pegawai dituntut berperan lebih aktf dalam pengawasan dan menekan peredaran rokok ilegeal ke depannya,” ungkap Hatta.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button