Pendiri Taliban akan Pimpin Pemerintahan Baru Afghanistan

JagatBisnis.com –  Salah seorang penggagas Taliban, Mullah Baradar, akan memimpin Afghanistan yang akan segera diumumkan.

Baradar, yang saat ini berprofesi kepala kantor politik Taliban, akan didampingi oleh Mullah Mohammad Yaqoob, pula putra almarhum penggagas Taliban Mullah Omar dan Sher Mohammad Abbas Stanekzai, untuk memuat jabatan- jabatan utama di rezim, tutur 3 pangkal dari kelompok itu.

” Seluruh atasan utama sudah datang di Keikhlasan, di mana perencanaan untuk memublikasikan penguasa terkini sudah di langkah akhir,” tutur salah satu administratur Taliban yang tidak ingin dituturkan namanya, pada Reuters, Jumat, 3 September 2021.

Sementara itu, Haibatullah Akhunzada, atasan paling tinggi keimanan Taliban, akan memfokuskan usaha pada pandangan agama dan rezim dalam kerangka anutan Islam, bagi pangkal yang lain.

Taliban saat berdaulat pada 1996 sampai 2001 mempraktikkan hukum Islam dalam wujud radikal. Tetapi kali ini, kelompok itu telah berusaha memperlihatkan wajah yang lebih berimbang.

Taliban pula telah melaporkan akad akan melindungi hak asas orang dan menahan diri untuk tidak melakukan bayaran kepada musuh- musuh lama.

Walaupun demikian, AS, Uni Eropa, dan negara- negara lain telah memperlihatkan keragu- raguan kepada agunan itu. Mereka juga mengatakan pengakuan sah pada penguasa terkini Afghanistan dan gerakan dorongan ekonomi akan terkait pada tindakan yang diperlihatkan Taliban.

Taliban telah menjanjikan orang asing ataupun masyarakat Afghanistan yang masih terabaikan penerbangan untuk pergi meninggalkan negeri itu setelah AS memberhentikan pencabutan pasukannya menjelang batas waktu 31 Agustus.

Akan tetapi, karena lapangan terbang Keikhlasan masih ditutup, banyak orang berusaha pergi dari Afghanistan melalui jalur bumi.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button