Penampakan Rudal Balistik Supersonik Paling Berbahaya Milik Korut

JagatBisnis.com – Militer dunia digegerkan dengan kemunculan peluru kendali (rudal) yang diduga paling berbahaya dan menakutkan milik militer Korea Utara.

Rudal militer Korea Utara itu belum lama ini muncul setelah dipamerkan Kim Jong Un dalam sebuah parade persenjataan.

Dari amatan Selasa 12 Oktober 2021, rudal Korea Utara itu disebut merupakan rudal balistik Hwasong-8. Rudal ini jadi sorotan dunia karena menggunakan hulu ledak Hypersonic Gliding Vehicle (HGV).

Rudal balistik HGV Hwasong-8 ini merupakan generasi terbaru rudal balistik Hwasong-12 yang pernah dipamerkan Kim Jong Un pada 2017.

Rudal ini resmi dirilis pada awal September 2021 Kabupaten Ryongrim. Memang bentuknya sangat mirip Hwasong-12 apalagi sama-sama diangkut dengan kendaraan besar. Hanya saja jika diteliti lebih jelas, ada banyak perbedaan antara kedua rudal balistik.

Yang lebih mengerikan, digadang-gadang rudal balistik HGV Hwasong-8 tidak dapat terdeteksi radar apapun, karena memiliki kecepatan dan manuver yang luar biasa.

Tak banyak informasi soal detail dari rudal balistik ini, tapi banyak yang meragukan rudal balistik HGV Hwasong-8 mampu terbang dengan kecepatan hipersonik dan tak terhadang sistem pertahanan anti rudal balistik musuh.

Sejauh ini militer Korea Utara sudah banyak melakukan uji coba rudal balistik, yang berhasil baru rudal Hwasong-12, yaitu ketika diuji pada 14 Mei 2017.

Rudal Hwasong-12 diduga dapat ditembakkan dalam jangkauan maksimum 3.700 kilometer dengan mutan 650 kilogram. Dan daya jangkau bakal semakin jauh jika muatan berkurang. Jika muatannya cuma 500 kilogram maka rudal ini diprediksi mampu menjangkau target dalam jarak 4.500 kilometer. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button