Optimalkan Fungsi Pengawasan, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum

JagatBisnis.com – Bea Cukai kembali menjalin sinergi dengan aparat penegak hukum dalam upaya mengoptimalkan fungsi pengawasan di beberapa daerah. Kali ini sinergi dilakukan oleh Bea Cukai Ambon, Bea Cukai Sulbagsel dan Bea Cukai Jateng DIY.

Pada Kamis (26/08), Bea Cukai Ambon menerima kunjungan Brigjen Pol Rohmad Nursahid selaku Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku. Pada kunjungan ini, pihak BNNP Maluku meminta sinergi dan kerja sama Bea Cukai Ambon dalam memberantas peredaran narkoba yang ada di Maluku, khususnya Ambon.

“Peredaran narkoba saat ini tidak bisa dipandang remeh, banyak generasi muda yang menjadi korban. Kesadaran bersama dan peran aktif semua lapisan masyarakat sangat diperlukan, begitu juga dengan sinergi sesama aparat penegak hukum. Bea Cukai Ambon siap mendukung dan bekerja sama dengan BNNP Maluku untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” tegas Saut Mulia selaku Kepala Kantor Bea Cukai Ambon.

Sinergi dengan BNNP juga dilakukan Bea Cukai Sulbagsel dengan menerima kunjungan Ghiri Prawijaya selaku Kepala BNNP Sulsel beserta jajarannya. Kunjungan kali ini membahas kinerja yang telah dilakukan serta beberapa rencana kedepan dalam usaha kedua instansi mengamankan kota Makassar dari peredaran narkoba. Pada kesempatan ini Ghiri juga menyampaikan harapan agar sinergi BNNP Sulsel dan Bea Cukai Sulbagsel dapat terus terjalin.

Sejalan dengan harapan dari BNNP Sulsel, Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Nugroho Wahyu Widodo meyakinkan bahwa Bea Cukai pastinya akan selalu memberikan dukungan penuh dan siap untuk selalu bersinergi. “Kami telah melakukan komunikasi internal dan sudah mendapatkan gambaran terkait langkah-langkah yang akan kami ambil guna terus memperkuat sinergi antara BNN dan Bea Cukai,” ujar Nugroho.

Sementara itu di Semarang, guna memperkuat sinergi dan kolaborasi, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Moch. Arif Setijo Noegroho melakukan kunjungan kerja ke Pomdam IV Diponegoro. Dalam pertemuan ini Arif memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pomdam atas kerja sama yang selama ini telah terjalin khususnya dalam upaya penggagalan rokok ilegal di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Keberhasilan kami dalam menggagalkan upaya peredaran rokok ilegal tentu tidak lepas dari peran serta dari Pomdam lewat sinergi dan kolaborasi,” kata Arif.

Pada kesempatan yang sama, Kolonel CPM Widyo Wahyono selaku Komandan Pomdam IV Diponegoro juga mengungkapkan terima kasih atas kerja sama baik antara Pomdam dan Bea Cukai. Widyo kemudian mengungkapan bahwa Pomdam akan terus mendukung Bea Cukai dalam operasi gempur rokok ilegal kedepannya.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button