Nuffic Neso Gelar Pameran Karir Virtual untuk Pencari Kerja di Asia Tenggara

JagatBisnis.com –  Nuffic Neso Indonesia dan Vietnam bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di wilayah ASEAN dan ASEAN Dutch Chamber Network (ADCN) untuk menyelenggarakan pameran karir virtual bagi para pemuda di Asia Tenggara. Pameran karir bertema “Virtual Southeast Asia Career Fair (VSEACF) 2021-Connecting International Minds”, digelar Sabtu (6/11/2021).

Ardi Stoios-Braken, Chargé d’Affaires Ad Interim, Kedutaan Besar Belanda di Indonesia mengatakan, acara ini bertujuan untuk menghubungkan perusahaan dan pencari kerja dari seluruh Asia Tenggara. Ada 14 belas perusahaan/organisasi, 14 partner universitas, dan lebih dari 1400 pencari kerja dari pemuda di Asia Tenggara berpartisipasi dalam acara ini.

“Dari 1400 pencari kerja, sudah ada 420 yang sudah mengirimkan CV pribadi untuk melamar pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan yang berpartisipasi di program ini. Sehingga dapat menguatkan kerjasama pemerintah Belanda dengan pemerintah dan masyarakat di Asia Tenggara, khususnya dalam bidang ekonomi,” kata Ardi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Sementara itu, Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl dan Ketua Kantor Perwakilan Nuffic Neso di Vietnam, Vi Nguyen mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh perusahaan, universitas dan peserta dalam acara ini. Pihaknya berharap, acara ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk memperkuat jejaring antar alumni Belanda di Asia Tenggara. Tapi juga meningkatkan ekonomi dan kualitas SDM para pencari kerja.

Ketua Asean Dutch Chamber Network (ADCN) Guido van Rooy, juga menyatakan dukungannya untuk acara ini dan akan dengan senang hati berkolaborasi lebih lanjut di kemudian hari.

Perlu diketahui, program pertama dari pameran peluang kerja dan karir se-Asia Tenggara ini dimulai dengan sesi diskusi panel. Dalam sesi ini menghadirkan sejumlah pembicara yang merupakan alumni/lulusan perguruan tinggi di Belanda, seperti Ralph Go, Corporate Recruitment Lead Gojek, Nandia Karina, Founder & CEO of Virtue Consulting Partners, dan Tam Tran selaku Kepala divisi bidang klien dan pasar KPMG Vietnam.

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit ini membahas seputar wawasan dan pengalaman mereka tentang bagaimana gambaran peluang dan tantangan pekerjaan di kawasan Asia Tenggara telah dan akan selalu berubah di setiap tahunya. Selain itu, keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh pencari kerja agar mampu adaptif dan berkembang di pasar kerja yang sangat kompetitif.

Kegiatan inti dari acara ini adalah sesi virtual roundtable dan proses recruitment one on one yang dilaksanakan mulai dari jam 12.00– 16.00 waktu Jakarta. Sejumlah perusahaan yang sudah menerima lamaran kerja dari pelamar kerja se-Asia Tenggara berkesempatan untuk mewawancarai sejumlah kandidat terpilih sebelum nantinya kandidat tersebut diundang bergabung menjadi bagian dari perusahaan tersebut. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button