Momentum Ramadan, Bea Cukai Berbagi dan Sapa Masyarakat di Berbagai Daerah

JagatBisnis.com –  Selain bergelut dengan regulasinya, Bea Cukai juga dituntut untuk mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat. Turut hadir memberikan sumbangsih sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan, Bea Cukai mengadakan rangkaian kegiatan sosial di berbagai daerah.

Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, M. Hatta Wardhana, mengatakan “Ramadan merupakan bulan istimewa yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Banyak keutamaan yang bisa didapatkan dari setiap amal baik yang kita lakukan. Berbagai bentuk rangkaian kegiatan sosial yang diadakan Bea Cukai di berbagai daerah seperti bakti sosial, santunan anak yatim hingga berbagi hidangan berbuka puasa.”

Di Cikarang, pada Selasa (04/05), Bea Cukai Cikarang berkesempatan untuk mengadakan kegiatan pemberian santunan kepada Yayasan Darul Mubarok dan Rumah Harapan, Cikarang. Bea Cukai Cikarang memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai kepada pengurus yayasan. Hal ini merupakan apresiasi kepada pengurus yayasan serta para santri, yang selalu semangat dalam menjalani kehidupan, mencari ilmu, dan mengembangkan potensi meskipun dalam kondisi keterbatasan.

Selain di Cikarang, kata Hatta, kegiatan berbagi kebutuhan pokok juga dilaksanakan oleh Bea Cukai di daerah lain. Di Bengkalis, Malang, Jayapura dan Pamekasan, Bea Cukai menggelar kegiatan bakti sosial dengan berbagi kepada anak yatim di panti asuhan. Di Sintete, Bea Cukai Sintete juga turun ke masyarakat sekitar kantor untuk berbagi kebutuhan pokok.

Momen bulan suci Ramadan ini juga dimanfaatkan beberapa Kantor Bea Cukai turun ke jalan untuk berbagi takjil. Bertajuk takjil on the road, pegawai milenial Bea Cukai Gresik membagikan 150 bungkus takjil ke masyarakat. Kemudian di Kabupaten Poso, pada Kamis (06/05) Bea Cukai Morowali membagikan takjil berupa produk yang dibeli dari UMKM setempat kepada masyarakat yang melintas jalan pulau sumatera. Selain berbagi, Bea Cukai Morowali berharap dapat mengenalkan dan mengembangkan potensi UMKM setempat kepda masyarakat. Kegiatan serupa juga dilakukan oleh Bea Cukai Pangkalpinang, Bea Cukai Gresik dan Bea Cukai Malang.

Hatta menyampaikan, kegiatan berbagi juga dilakukan dengan berbagai cara oleh Bea Cukai di beberapa daerah. Di Jambi, sebagai salah satu wujud syukur dan rasa peduli kepada pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN), dalam rangkaian kegiatan Bea Cukai Jambi Peduli, Bea Cukai Jambi berikan paket sembako kepada seluruh pramubakti, petugas keamanan, dokter dan perawat poliklinik kantor. Kemudian di Sulawesi Selatan, dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan sekaligus bantu pulihkan ekonomi nasional, Bea Cukai Parepare bantu masyarakat setempat dengan berbelanja di warung kelontong. Hasil dari belanja kemudian disalurkan kepada panti asuhan setempat.

Terakhir di Pamekasan, Bea Cukai Madura menjalankan program Anak Asuh, yaitu program memberikan donasi rutin sebesar 1 juta rupiah setiap bulan untuk membiayai kebutuhan dua orang santri berprestasi sebagai anak asuh Bea Cukai Madura di Yayasan Ma’had Baitul Qur’an, Madura.

“Tidak banyak, tapi seluruh kegiatan di bulan suci Ramadan ini kami harap dapat membawa manfaat untuk seluruh masyarakat, sekaligus menjadi catatan amal ibadah serta keberkahan bagi seluruh pegawai Bea Cukai,” tutup Hatta.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button