Marquez Jalani Operasi Cangkok Tulang, Terancam Absen di MotoGP 2021

jagatBisnis.com – Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez menjalani operasi ketiga di Rumah Sakit Ruber Internacional, Madrid, pada Jumat 4 Desember 2020. Pembedahan tersebut dilakukan untuk memulihkan fracture humerus sebelah kanan yang cedera lantaran jatuh di sirkuit Jerez, awal musim lalu.

Sebelumnya, operasi tahap ketiga diberitakan menjadi satu-satunya jalan supaya Marc Marquez bisa benar-benar pulih. Berbeda dibanding dua operasi sebelumnya, pada kesempatan ini, pembalap 27 tahun itu harus melalui pencangkokan tulang yang tentu menyimpan risiko lain.

Marc Marquez cedera

 

Risikonya, menurut keterangan sejumlah dokter, membutuhkan pemulihan serta waktu istirahat yang lebih lama. Bahkan, Marquez disebut-sebut tak bisa mengikuti sejumlah seri di MotoGP 2021.

Berikut pernyataan resmi Honda Racing Corporation terkait operasi tahap ketiga Marquez yang dihelat hari ini.

“Marc Marquez telah menjalani operasi ketiga pada lengan kanannya akibat pemulihan yang lamban pada tulang humerus, yang tak mengalami peningkatan dengan perlakuan kejutan gelombang spesifik. Hari ini, sang rider telah menjalani operasi di Hospital Ruber Internacional, Madrid, untuk pseudarthrosis pada tulang humerus kanan.

Operasi ini, yang dijalankan oleh tim dokter Samuel Antuna, Ignacio Roger de Ona, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal, dan Andrea Garcia Villanueva, dilakukan untuk mengambil plat yang sebelumnya ditanamkan dan meletakkan plat baru, dengan tambahan pencangkokan tulang iliaka dengan kortikoperiosteal. Operasi berjalan selama delapan jam dan berjalan lancar.”

Sebelumnya, La Gazzetta dello Sport memprediksi, tulang humerus kanan Marquez mengalami kondisi yang lebih buruk dibanding yang diperkirakan sebelumnya. Setelah mengalami kecelakaan pada 19 Juli lalu, Marquez sudah menjalani dua kali operasi.

 

Marc Marquez cedera

 

Pertama kali Marquez masuk ruang operasi, yakni dua hari setelah kecelakaan. Lalu, dua pekan setelahnya, pembedahan kembali dilakukan lantaran ditemukan kerusakan pada pelat titanium yang terpasang di area lengan.

Sementara itu, laman Corsedimoto menyebut, proses pemulihan cedera Marquez terancam dimulai dari nol. Sehingga, ada kemungkinan, Marquez memerlukan waktu selama enam bulan untuk benar-benar sembuh. Sedangkan kompetisi MotoGP 2021 sedianya dimulai tiga bulan lagi.

Cepat pulih dan kembali, The Baby Alien!(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button