Marak Teror Bajak Laut Hantui Nelayan di Kalbar

JagatBisnis.com – Teror meniru laut bekerja sejak Ramadhan mengusik aktivitas dan keamanan nelayan yang berlayar di Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat( Kalbar).

” Pembajak itu merampas beberapa barang nelayan, semacam solar, beras, dan ikan hasil buruan nelayan, dengan keseluruhan kehilangan kurang lebih Rp16 juta. Kita sudah melaporkan perihal itu ke Bupati dan petugas hukum di Polres Kayong Utara,” tutur aparat di Kantor Camat Kepulauan Karimata Yerry Syulasman, Minggu, 6 Juni 2021.

Saat bertindak para meniru laut itu memenuhi diri dengan senjata api. Kepulauan Karimata ialah salah satu sentra perikanan di Kabupaten Kayong Utara yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bangka Belitung.

” Nelayan kita di Kepulauan Karimata merasa amat khawatir dengan aksi bajak laut itu yang kadang- kadang dapat bergaduh mereka kala sedang mencari ikan di lautan bebas,” ucapnya.

Ia mengatakan, grupnya sudah menyambut informasi sebesar 3 kapal yang jadi korban aksi meniru laut yang membayang- bayangi perairan Karimata. Berdasarkan informasi itu, diterima informasi meniru laut itu bertindak pada malam hari dengan jumlah pelaku lumayan banyak.

” Terdapat 3 pemilik kapal nelayan yang sudah melapor ke kita ialah Kilometer Batara 2, Kilometer PO Saedon, dan Kilometer Anugrah. Ketiganya ini terjadi di medio Ramadhan kemarin sampai saat ini,” ucap ia.

Bagi keterangan nelayan itu, diakui pelaku menggunakan kapal dengan mesin 4 silinder dengan modus mau memahami beberapa barang kepunyaan nelayan dengan menggunakan senjata api yang mereka menodong.

” Dari keterangan korban, pelaku bajak laut itu diperkirakan berjumlah kurang lebih 7 orang, dan bagi mereka menggunakan kapal dengan mesin 4 silinder,” pungkasnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button