Luncurkan Desain Pita Cukai 2021, Bea Cukai Gencarkan Sosialisasi

JagatBisnis.com –  Meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap peredaran barang kena cukai (BKC) berpita cukai ilegal, Bea Cukai di berbagai daerah gelar sosialisasi terkait desain dan cara identifikasi pita cukai desain tahun 2021 yang mengusung tema biota laut.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, mengatakan “Sosialisasi pita cukai ini dilakukan di berbagai daerah, seperti di Magelang, Pematang Siantar, Sidoarjo dan Madura. Kegiatan ini sedang kami galakkan, mengingat hasil survei terkait peredaran rokok ilegal dari Universitas Gadjah Mada masih menunjukkan angka 4,86% pada tahun 2020.”

Di Purworejo, Jawa Tengah, Bea Cukai Magelang memberikan bimbingan teknis terkait identifikasi pita cukai hasil tembakau kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Purworejo. Kegiatan ini dilaksanakan seiring dengan peran Satpol PP dalam membantu Bea Cukai dalam menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Purworejo. Peran ini sesuai dengan amanat dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“Satpol PP adalah mitra kerja kami, mereka memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu kami menekan peredaran rokok ilegal. Melihat alokasi DBHCHT juga mencapai 25% untuk bidang penegakan hukum. Alokasi tersebut bertujuan agar peredaran rokok ilegal dapat ditekan kembali, seiring kenaikan tarif cukai pada tahun 2021.” ungkap Sudiro.

Tidak hanya di Purworejo, kegiatan sosialisasi juga dilaksanakan di beberapa daerah lain di Indonesia. Dari Sumatera Utara, secara daring Bea Cukai Pematangsiantar mengadakan sosialisasi terkait spesifikasi dan identifikasi desain pita cukai tahun 2021 kepada pengguna jasa dan pegawai. Kemudian, dengan program pembinaan keterampilan pegawai (P2KP), Bea Cukai Sidoarjo dan Bea Cukai Madura mengadakan sosialisasi desain pita cukai 2021 dan cara identfikasi pita cukai ilegal untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengawasan pegawai.

“Sesuai ketentuan, setiap tahun desain pita cukai selalu mengalami perubahan, demikian pula dengan teknik identifikasinya yang selalu berkembang. Oleh sebab itu, masyarakat, instansi terkait dan setiap pegawai Bea Cukai dituntut untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan tugas pengawasan dan pelayanan,” pungkas Sudiro.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button