Lewat Kunjungan Kerja, Bea Cukai Tingkatkan Koordinasi dengan Instansi Lain

JagatBisnis.com –   Bea Cukai kian berupaya meningkatkan koordinasi dengan instansi lain dalam mewujudkan sinergi dan kolaborasi untuk memaksimalkan kinerja masing-masing pihak. Bentuk konkret dari upaya dalam meningkatkan koordinasi yang secara rutin digalakkan oleh Bea Cukai adalah lewat kunjungan kerja.

Kunjungan kerja kali ini terlaksana di Bea Cukai Pangkalpinang, Bea Cukai Morowali dan Bea Cukai Jayapura.

Pada Selasa (27/07), Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pangkalpinang, Suharyanto melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi, Informasi dan Teknologi (Kominfotek) Kabupaten Bangka. Kunjungan dilakukan dalam rangka koordinasi kerja sama publikasi terkait edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penjualan dan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Bangka.

“Bersama Kominfotek Bangka, kami telah membahas rencana strategis kedepan untuk mengedukasi masyarakat akan dampak negatif rokok ilegal. Kami harap rencana ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat menjadi upaya preventif yang optimal dalam menekan peredaran rokok ilegal,” ujar Suharyanto.

Selanjutnya, pada Rabu (28/07), Bea Cukai Pangkalpinang juga menerima kunjungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membahas rencana strategis terkait peningkatan ekspor di Pulau Bangka.

Di sisi lain, sebagai upaya mengoptimalkan penerimaan dan pengelolaan keuangan negara, Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Marowali, Bambang Sukoco melaksanakan kunjungan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Poso dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Poso.

“Dengan kunjungan ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar instansi sehingga dapat memudahkan masing-masing satuan kerja dalam mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan,” ujar Bambang.

Kunjungan kerja juga terlaksana di Bea Cukai Jayapura. Dalam rangka mengoptimalkan tugas dan fungsinya sebagai community protector serta mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional, Albert Simo selaku Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura bersama jajarannya melakukan kunjungan ke Kantor Kejaksaan Negeri.

“Kami berharap melalui kunjungan dan koordinasi ini dapat membangun silaturahmi yang baik, menunjukkan bahwa instansi pemerintah dapat saling bersinergi dalam membangun dan menjaga keutuhan dan keamanan Indonesia, terutama antara Bea Cukai dan Kejaksaan Negeri Jayapura dalam penanganan perkara di bidang Kepabeanan dan Cukai serta dalam upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” pungkas Albert.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button