Kini Lokasi Vaksin Covid-19 di Jakarta Bisa Dicari Lewat Google Maps

JagatBisnis.com – Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui inisiatif Jakarta Smart City (JSC) menggandeng Google untuk menampilkan informasi lokasi vaksin Covid-19 di Google Maps. Sayangnya, fitur ini hanya mendukung wilayah DKI Jakarta. Maka, kini Google Maps bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk mencari jalan.

“Cara pencariannya pun terbilang mudah, sama seperti saat mencari lokasi di Google Maps. Jadi, pengguna tinggal mengetik kata kunci “Vaksin Covid-19” di kolom pencarian Google Maps dari
desktop maupun mobile,” seperti dikutip dari akun JSCLab, Selasa (15/6/2021).

Setelah itu, daftar lokasi vaksinasi Covid-19 akan dimunculkan. Tidak hanya di Google Maps, fungsi ini juga berlaku untuk pencarian dengan memakai Google Assistant. Pengguna bisa memasukan perintah suara di Google Assistant, seperti “di mana lokasi vaksinasi Covid-19 di Jakarta?” dan lain sebagainya.

“Nantinya, hasil pencarian akan menampilkan informasi detail, sama seperti pencarian di Google Maps biasanya. Google kemudian akan menampilkan sejumlah lokasi vaksin
Covid-19 terdekat dengan lokasi pengguna, baik itu puskesmas maupun rumah sakit. Pengguna bisa memilih lokasi yang ditandai dengan pin berwarna merah di tampilan Maps,” ungkap akun tersebut.

Ketika salah satu tombol merah itu di klik, pengguna bisa melihat informasi detail tentang lokasi tersebut. Informasinya mencakup alamat, nomor telepon, syarat yang dibutuhkan sebelum melakukan proses vaksinasi Covid-19, dan masih banyak lagi.

“Di laman tersebut, pengguna juga bisa langsung diarahkan ke lokasi yang dipilih dengan meng-klik tombol “Directions”, meminta informasi lanjutan melalui telepon dengan tombol “Call”, menyimpan lokasi dengan tombol “Save”, dan lain sebagainya,” tulis akun itu lagi. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button