Kilang Minyak Pertamina Cilacap Kebakaran, BBM di SPBU Jadi Langka?

JagatBisnis.com – Kilang minyak Pertamina Refinery Bagian (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah. penghasil BBM( Materi Bakar Minyak) terbesar kebakaran. Peristiwa itu berjalan pada malam hari, Jumat 11 Juni 2021.

Berdasarkan informasi dari alat sosial yang diunggah warganet, kobaran api lumayan besar memakan tong 39 paraxyline, sekitar jam 19. 45 Wib. Sampai saat ini belum terdapat uraian terkait pemicu kebakaran itu.

“ Usaha pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 daya pemadam diturunkan untuk menanggulangi,” ucap Zona Manager Communication Relations& CSR RU IV Cilacap– Sub Holding Refining& Petrochemical PT Pertamina, Hatim Ilwan diambil dari keterangannya, Sabtu 12 Juni 2021.

Mengutip web sah PT Pertamina Persero, Refinery Bagian IV Cilacap memiliki kapasitas penciptaan sebesar 348 ribu barel per hari. Artinya jadi salah satu bagian pengerjaan materi bakar terbesar, yang mempengaruhi dengan cara nasional.

Alasannya kincir minyak itu beramal 34 persen kebutuhan BBM di Indonesia, ataupun 60 persen di Pulau Jawa. Dan salah satunya di Tanah Air yang memproduksi aspal, dan base oil untuk kebutuhan pembangunan prasarana.

Tetapi untuk saat ini, kapasitas produksinya menurun.“ Kincir Cilacap ialah satu dari 6 kincir Peretamina, dan kapasitas pengerjaan 270 ribu barel per hari untuk menampung crude yang sedia diolah jadi gas, dan BBM,” tuturnya.

Tidak terdapat penjelaskan terkait BBM yang dibuat. Tetapi saat ini Pertamina menjual materi bakar gasolin mencakup Pertamax Turbo( RON 98), Pertamax( RON 92), Pertalite( RON 90), Pertadex, Biosolar, dan lain- lain.

Walaupun jadi salah satu kincir minyak mempengaruhi, tetapi ketersediaan BBM sesudah kebakaran di SPBU( Stasiun Pengisian Materi Bakar Biasa) tidak tersendat. Semacam yang ditegaskan oleh Hatim Ilwan.

“ Walaupun terjadi kebakaran, Pertamina membenarkan cadangan BBM dan LPG( gas) untuk warga tetap nyaman,” tuturnya.

Semata- mata informasi, base oil yang diartikan merupakan materi dasar pembuatan pelumas, salah satunya oli mesin alat transportasi. Lumayan banyak produk oli Pertamina dengan tingkatan kepekatan dan teknologi berbeda- beda untuk sepeda motor, ataupun mobil.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button