Kendalikan Covid-19, Puskesmas Balekambang Gencarkan 3T dengan Swab PCR

JagatBisnis.com – Penyebaran virus Covid-19 masih belum mereda. Sejumlah warga di wilayah Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur tercatat positif terinfeksi virus Covid-19. Untuk memotong mata rantai penyebaran Covid-19, Puskesmas wilayah tersebut terus menggencarkan testing, tracing, dan treatment (3T) dengan melakukan tes swab
polymerase chain reaction (PCR) di lingkungan RT05/02, Gang Asmani, Selasa (7/9/2021).

“Pemeriksaan tes swab PCR ini dilakukan secara gratis dari Puskesmas Balekambang. Tes ini dilakukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 dan untuk menghindari risiko pasien yang terjangkit Covid-19 di wilayah ini,” kata Ketua RT05/02 Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Surya.

Dia menjelaskan, kegiatan 3T ini dilakukan karena satu kasus konfirmasi positif Covid-19, maka Satgas dan Puskesmas setempat melakukan tracing kontak erat dengan sejumlah warga sekitar rumah pasien positif untuk mengikuti tes swab PCR.
Nantinya jika hasil tes kontak erat positif, maka diwajibkan melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun jika negatif, akan dipantau selama 5 hari.

“Upaya 3 T dilakukan untuk menemukan kasus baru yang terkadang tidak menimbulkan gejala apa pun. Hal itu harus menjadi perhatian. Karena pasien yang terjangkit dapat dengan cepat menularkan virus ke lingkungan sekitar. Apalagi di wilayah ini banyak sekali anak-anak,” tutup Surya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button