Jalur Kereta Api Rute Naras-Sungai Limau Sumbar Dibuka 2023

JagatBisnis.com –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membuka jalur kereta api (KA) Sumantera Barat (Sumbar) rute Naras di Kota Pariaman menuju Sungai Limau, Padang Pariaman. Reaktivasi jalur itu ditargetkan dilakukan pada 2023.

“Kami akan menambah panjang jalur Naras ke Sungai Limau, pada tahun 2023 mendatang. Saat ini, dokumennya sudah disiapkan,” kata Sekretaris Ditjen Perkerataapian Kemenhub Zulmafendi di Kota Padang Sumatera Barat (15/11/2021).

Dia menjelaskan, reaktivasi kereta api rute Naras-Sungai Limau bertujuan mempermudah akses atau mobilitas para pelaku usaha yang ke dan dari Padang. Sehingga dapat membangkitkan perekonomian di Sumatera Barat. Rekativasi jalur Naras-Sungai Limau berpotensi untuk CPO dan angkutan orang atau penumpang.

“Sayangnya, lahan yang digunakan untuk rute Naras-Sungai Limau saat ini sudah dibangun rumah, sekolah, hingga instansi pemerintah. Untuk itu, kami akan melakukan penyiapan lahan pada 2022. Adapun penertiban lahan untuk jalur sepanjang 7 kilometer itu ditargetkan selesai pada 2021. Sehingga penambahan itu bisa selesai pada 2023,” ungkapnya.

Dia mengaku, sejauh ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mereaktivasi jalur Naras-Sungai Limau. Mulai dari, mengkaji jalan dan jembatan kereta api, penyuluhan pengelolaan dan pemantauan lingkungan, izin lingkungan, hingga basic design untuk statius serta fasilitas pendukungnya.

“Kami akan lakukan penertiban, mudah-mudahan tahun ini selesai. Sehingga 2023, kami bisa lakukan
reaktivasi yang panjangnya sekitar 7 km Karena sudah diagendakan untuk segera dilakukan,” tutup Zulmafendi. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button