Investasi: Apa Sih Pengertian, Jenis-jenis, dan Manfaatnya?

jagatBisnis.com – Ada banyak cara untuk menggandakan uang. Di zaman modern ini, investasi adalah cara paling ampuh yang banyak dicari orang.

Sayangnya, masyarakat Indonesia pada umumnya masih belum memahami investasi. Perasaan tidak aman menyimpan uang dalam produk investasi juga menjadi alasan. Sehingga, mayoritas masyarakat kita masih sangat mengandalkan tabungan.

Oleh karena itu, edukasi mengenai investasi perlu digalakkan lagi. Mengingat manfaat yang bisa didapat dari investasi dapat membantu finansial masyarakat Indonesia

Namun, sebenarnya apa sih pengertian investasi itu?

Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Di sisi lain, investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang kamu miliki saat ini. Sederhananya, kamu bermaksud untuk memperoleh dana lebih dari keuntungan di masa depan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sebut saja tujuan kamu adalah ingin membangun rumah, menyekolahkan anggota keluarga, atau membuka usaha.

Jenis Investasi

Investasi dapat digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan jangka waktunya. Penggolongan tersebut membuat investasi dibedakan menjadi investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi jangka pendek memungkinkan kamu sebagai investor mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu satu tahun hingga tiga tahun. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh keuntungan dengan lebih cepat. Meskipun begitu, investasi jangka pendek memberikan return yang lebih kecil.

Sementara, investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang lebih lama agar kamu bisa menikmati hasilnya. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu tiga tahun, lima tahun, atau belasan hingga puluhan waktu yang akan datang.

Meskipun lebih lama, investasi jangka panjang memberikan return yang lebih tinggi. Tentunya kamu bisa memenuhi kebutuhan jangka panjang dengan melakukan menginvestasikan uang kamu pada instrumen investasi jangka panjang.

Manfaat Investasi

1. Nilai Aset dan Kekayaan akan Semakin Meningkat
Investasi secara otomatis dapat meningkatkan nilai aset serta kekayaan yang dimiliki. Aset yang dimaksud disini tidak terbatas pada gedung ataupun properti lainnya, tetapi uang yang dimiliki atau tersimpan sebagai dana investasi juga dapat digolongkan sebagai aset.

Aset berupa ini jika disisihkan untuk investasi tentunya akan berkembang semakin banyak. Berkembangnya aset tentunya berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang dimiliki.

2. Meraih Financial Freedom
Financial freedom atau kebebasan finansial adalah kondisi ketika kamu passive income yang dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup kamu. Passive income atau pendapatan pasif ini bisa kamu dapatkan dari return investasi. Kamu tidak perlu bekerja atau mengejar karier untuk bisa hidup dengan nyaman.

Jika kamu memiliki investasi dengan return yang cukup untuk memenuhi kebutuhan, kamu tidak perlu bergantung lagi pada pekerjaan untuk memperoleh pendapatan.

3. Melindungi Kondisi Finansial dari Inflasi
Berdasarkan sejarah, inflasi rata-rata Indonesia mencapai 8,2 persen per tahun. Jika kamu hanya menabung di bank, uang yang kamu simpan lama-lama akan habis karena bank hanya bisa memberikan return sebesar 0,5 persen hingga 1,5 persen per tahun. Jumlah ini tentu lebih sedikit daripada nilai inflasi.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk berinvestasi dan melawan inflasi. Ini agar aset yang kamu miliki tidak tergerus inflasi.

Jika kamu melakukan investasi dalam bentuk pinjaman modal usaha di Modal Rakyat misalnya, kamu bisa mendapatkan return sebesar 15 persen hingga 25 persen per tahun. Tentu kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus merugi karena inflasi. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button