Ini Alasan Kenapa Hari Batik Nasional Diperingati Setiap 2 Oktober

JagatBisnis.com – Hari Batik Nasional senantiasa dirayakan setiap bertepatan pada 2 Oktober. Terdapat sebabnya kenapa Hari Batik dirayakan setiap tahun pada bertepatan pada itu.

Dalam sejarahnya, pada 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO memutuskan batik sebagai peninggalan manusiawi untuk adat perkataan dan adat takbenda ataupun Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Penentuan ini sekalian jadi pengakuan kalau batik ialah adat asli Indonesia. Pengakuan dan penentuan itu melalui ekspedisi jauh. Bahkan batik Indonesia wajib bersaing dengan sejumlah peninggalan adat tak barang dari negeri lain.

Batik awal kali dipublikasikan pada bumi global oleh Kepala negara Soeharto saat menjajaki rapat PBB. Batik Indonesia didaftarkan untuk menemukan status intangible cultural heritage( ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Keselamatan Orang menggantikan penguasa dan komunitas batik Indonesia, pada 4 September 2008.

Pengajuan itu juga menghasilkan hasil untuk rezim Kepala negara Soesilo Bambang Yudhoyono.[7] Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Peninggalan Manusiawi untuk Adat Perkataan dan Nonbendawi UNESCO diperoleh dengan cara sah.

Batik dikukuhkan pada sidang keempat Panitia Antar- Pemerintah tentang Peninggalan Adat Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada sidang itu batik sah terdaftar sebagai Peninggalan Manusiawi Buatan Agung Adat Perkataan dan Nonbendawi di UNESCO.

Sebelumnya tidak hanya batik, UNESCO pula sudah membenarkan keris dan boneka sebagai Peninggalan Manusiawi Buatan Agung Adat Perkataan dan Nonbendawi.

Badan PBB untuk kultur ataupun United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization,( UNESCO) setelah itu memutuskan batik sebagai Peninggalan Manusiawi untuk Adat Perkataan dan Nonbendawi( Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Penguasa Indonesia mencetak Kepres Nomor 33 Tahun 2009 yang menetapan hari Batik Nasional pula dalam bagan tingkatkan pemahaman warga kepada usaha proteksi dan pengembangan batik Indonesia. Aman Hari Batik Nasional.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button